Cool - SpaceAstronout (The Milo cover)

Selasa, 06 Desember 2016

Dan Akhirnya Sebuah Cerita Hamil

Halo halo semua :)
Lama ga nulis karena males nulis, kabar terbaru dari kami berdua adalah... kita akan jadi orang tua tahun depan! Yey yey..

Hahaha, sekarang saya sedang hamil 5 bulan. Dan seperti cerita cerita hamil pada umumnya, kehamilan saya diawali dengan muntah, tepar, pusing, muntah, tepar dan muntah lagi. Di tiga bulan pertama nyaris ga bisa ngapa-ngapain karena lemes. Ini fase sedih banget, soalnya makanan yang biasanya rasanya enak tiba-tiba jadi ga enak, Martabak keju aja rasanya jadi ga enak.

Syukurlah begitu masuk bulan ke empat, keadaan membaik dan saya mulai bisa banyak makan. Yey yey. Hahahaha.

Hari perkiraan lahirnya adalah sekitar awal April 2017. Jadi bakal deket-deket lahirnya sama kayak mama atau Paskal

Nanti kalau ada waktu akan cerita detail masa kehamilan ini ya. Yang paling heboh sih milih dokter. Sampai sekarang udah ganti 4 dokter hahaha. Lalu soal rumah sakit juga.

Masa kehamilan ini meruapakan masa yang nerpengaruh besar buat saya karena artinya saya diberikan tanggung jawab oleh Tuhan untuk jadi manusia yang lebih baik karena saya akan jadi teladan buat anak saya. Agak deg-degan, takut ga bisa jadi orang tua yang baik. Harus bisa mengatur emosi. Ini sih bagian yang berat karena kan saya orangnya baperan banget.

Ditunggu yah cerita soal kehamilannya :) 

Sabtu, 13 Agustus 2016

And Here Is The Story of Our Epic Wedding

Akhirnya setelah tiga bulan mengarungi kehidupan berumah tangga (cieee..), terkumpul juga mood untuk menuliskan kembali apa yang telah terjadi tiga bulan yang lalu. Hahaha.

Awal Mulanya...

Jadi, setelah era bridezilla di awal bulan Mei, akhirnya saya pulang nih ke Jakarta. Hari Senin Selasa saya masih sibuk dengan printilan : masukin baju ke laundry lah, ngecek serah-serahan, fitting baju, dan lain sebagainya. Maskoko ini sebenernya uda ngeluh pusing, tapi ya sayanya tetep nyemangatin plus senewen tentunya hahaha.
Lalu hari Rabu sore, pas lagi mau ambil makanan untuk acara misa persiapan di rumah, maskoko mengeluh pusing dan akhirnya kami putuskan untuk ke dokter paling dekat saat itu, yaitu di MMC. Setelah diperiksa dokternya bilang "Kayaknya sih ini gejala demam berdarah ya. Saya kasih obat dulu, tapi kalo Sabtu masih demam periksa darah  ya." Terus kita berdua melongo. "Tapi kita mau nikah dok Sabtu ini..." Dokternya senyum prihatin, kita tertawa ngenes.. "Ya sudah saya kasih obat, semoga demamnya turun sebelum Santu. Tapi kalau masih demam periksa darah hari Sabtu ya, karena itu saat saat kritisnya."

Jeng jeng.. Balik dari dokter maskoko minum obat dan lansgung tidur, ga ikut misa persiapan. Terus setelah agak enakan, maskoko pulang deh ke Cibubur. Harapannya demamnya bisa segera turun mengingat itu sudah H-2 dari acara siraman.

Hari Kamis pagi, kita ada gladi resik di gereja. Maskoko dateng dan masih lemes. Demamnya udah turun tapi masih keringetan terus sampe bajunya basah.  Nah itu terakhir gw ketemu maskoko sampai hari H. Lega sih, paling engga kan udah ga demam lagi. Tapi kamis malam mas koko demam lagi :( Saya bilang kalau masih demam lebih baik ke UGD aja minta diinfus biar lekas membaik. Maskoko tadinya ga mau, tapi saya agak setengah maksa. Duh tambah pusing. Mama papa sih bilang "udah jangan dipikirin.. santai aja" Ya gimana mau santai yah hahaha.

Dan Ternyata Beneran DBD!!

Lalu Jumat pagi, pas lagi siap-siap untuk acara siraman, maskoko telfon ngasih tau kalo tadi dini hari karena masih demam dia pergi ke UGD, test darah dan positif DBD, tapi trombositnya masih di atas normal, 170 vs 150 batas normal. Lemas lah saya di tempat. Saya langsung panik cari fufang lah, sari kurma lah, ini lah , itu lah. Sampai dimarahin sama mama papa karena saya jadi ribet sendiri.
Akhirnya setelah panik diputuskan bahwa acara siraman tetap dijalankan.  Yah ga paham lagi deh gimana akhirnya siraman bisa berjalan dengan lancar, secara saya kan juga udah ga bisa ketemu sama maskoko.

Udah gitu ya, itu sejam sebelum acara midodareni, pake acara mati lampu segala loh. Hahaha. Busyet deh pokoknya. Namun puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, akhirnya lampu nyala beberapa menit sebelum rombongan pengantin laki-laki datang dan acara Midodareni berjalan lancar. Yey. Menurut saksi mata yang adalah keluarga sendiri, di situ maskoko uda keliatan lemes banget kayak udah mau pingsan. Yaiyalahya secara DBD dan demam tinggi.

Selesai acara Midodareni, saya dan keluarga langsung cabs dari Sawangan ke Jakarta, sementara maskoko dan keluarga langsung menuju ke MMC untuk kembali di infus. Malam itu trombositnya maskoko drop ke 120ribu.

HARI H SAKRAMEN PERKAWINAN DI GEREJA

Dan inilah hari yang saya impi-impikan itu. Akhirnya tiba juga. Walau situasinya agak kurang ideal ya. Instead of laki-lakinya yang siap duluan menunggu saya di gereja, yang ada saya sudah duluan di gereja menunggu maskoko. Maskoko baru kembalik dari UGD MMC hari sabtu dini hari dan langsung tidur sampai jam 10. Nah jam 10 itu deh baru  dia mulai pakai beskap.

Saya bisa merasakan semua orang tegang. Tapi entah kenapa saya cukup tenang lah, ga histeris, ga panic, ga marah, ga pingin makan orang hahaha. Masih bersyukur at least maskok masih bisa hadir di gereja, bagian paling sakral dari rangkaian acara ini. Jam 11 teng, maskoko belum sampai di gereja karena kejebak macet rel kereta api hahaha.

Dan datanglah maskoko. Acara di gereja mulai terlambat sekitar 10 menit. Semuanya berjalan dengan lancer. Indah. Bahagia. Sesuai dengan apa yang saya bayangkan. Sepanjang misa badan maskoko demam, saya non-stop pegang tangannya dia dan bilang “Selesaikan hari ini yah mas habis itu kamu bisa istirahat tidur sampai puas ya mas..”



Janji nikah? Passed
Pasang cincin? Passed
Sungkem? Passed
Komuni? Passed
Doa ke Bunda Maria? Passed
Yeaaaay we made it!

Setelah selesai misa dan selesai catatan sipil dan selesai foto-foto yang banyak sama teman-teman semua, maskoko akhirnya bilang kalo uda ga kuat. Jadilah sama papa, maskoko “dilarikan” ke rumah sakit MMC dengan detail lebih kurang sebagai berikut :
1.      Mama papa maskoko dan nyokap gw masih asik makan-makan bersama tamu lain. Jadi maskoko dibawa ke rumah sakit tanpa pemberitahuan ke mama papanya hahaha
2.      Maskoko lepas kain beskap dan segala-galanya di parkiran mobil sambil di bantu gw dan bokap gw. Bayangin aja cowok cowok ga sabaran ngelepasin kain beskap komplit. Hahaha.
3.      Papa dan Paskal nganter maskoko langsung ke MMC meninggalkan gw di parkiran megangin printilan kain plus beskapnya maskoko
4.      Papa berpesan pokoknya saya pulang dulu, bersih bersih dulu, ganti baju dan berbenah dulu sebelum ke rumah sakit.

Hahaha. OK lah. Impian suami bantuin lepasin konde dan bukain korset hilang begitu saja. Hahaha. Ampe fotografernya bilang : “Git.. Git.. Nikahan lo bener bener dah ya. Pas siraman hujan, mati lampu, habis misa di gereja pulang sendiri…”

Karena ga ada maskoko, akhirnya Tony dan mama yang bantuin ngelepasin sanggul dan bersihin paes. Kalo kata Tony : “ nih periasnya ga bertanggungjawab banget sih, harusnya dia servis juga dong buat bongkarnya..” Muahahaha.

Selesai beres-beres, malam itu saya langsung ke rumah sakit buat malam pertama. Hahaha.
Trombosit maskoko sudah drop lagi ke 70ribu. Dokter bilang kalau besok pagi drop ke 60 ribuan, boleh ikut resepsi tapi harus pakai infus dan ada suster. OK si. Malam itu akhirnya diputuskan bahwa acara panggih ditiadakan, dan maskoko akan menyusul ke gedung jam 9 pagi setelah pagi diambil darahnya.

AND HERE COME THE DRAMA…


Hari Minggu pagi jam 6 pagi, papa datang untuk gentian jaga maskoko dan bantu urus administrasi buat maskoko ijin pergi ke resepsi. Saya yang malamnya nginep nemenin maskoko bersiap mandi dan langsung jalan ke Puri Ardhya Garini untuk siap siap dirias.

Jam 8 pagi, belum ada kabar dari rumah sakit gimana trombositnya maskoko. Mba Inten, perias dari Kusumo Intennya kan galak, hahaha, jadi saya emang ga boleh pegang hp sama sekali dan disuruh berdoa biar fokus.

Jam 9 pagi pas habis selesai pasang bulu matayang berlapis tiga itu, datanglah mama ngelus ngelus pundak sambil bilang “Ga apa- apa ya mbak kalo sendiri hari ini. Maskokonya  ga dikasih sama dokter, harus bedrest soalnya trombositnya rendah banget.”

Jeng
*ga boleh nangis*
Jeng
*ga boleh nangis*
Jeng
*ga boleh nangis*

Ya setelah itu yang saya inget di kepala agak-agak blur karena konsentrasi ga boleh nangis huhuhu. Sama mba Inten, saya diperbolehkan makan dan minum apa aja. Sampai akhirnya mama mertua bilang kalau di budaya jawa, keris itu bisa melambangkan kehadiran pemiliknya, jadi saya disuruh jalan sambil memegang keris. Saya akhirnya cuma bilang gini ke sanggarnya : “Boleh ga bajunya maskoko yang udah dijait dibawa ke rumah sakit habis ini, biar maskoko paling engga sempat nyoba satu kali aja…”  Kan sayang udah jait perdana ga dipake.. Hahaha.

And be it…

Jam 11 teng, acara kirab dimulai. Senyum manis walau jalan sendiri. Senyum manis ke kiri, senyum manis ke kanan, dan tepat di ujung jalan sebelum naik ke pelaminan, there you go, teman-teman dengan baju kutubaru bunga-bunga senyum senyum pegang tisu bilang “Semangat Gita…” Bukannya tambah tegar, sayanya malah nangis sesengukan… Hahaha..



Acara resepsinya rasanya itu cepet banget. Yang ada di pikiran saya adalah cuma pingin segera ketemu maskoko di rumah sakit. Tamunya itu ga habis-habis loh. Sampai jam 1 lewat masih ada yang antri salaman. Saya sama sekali ga sempat duduk. Tiap kali yang nyalamin temen sendiri rasanya pingin meluk erat-erat dan jadi pingin nangis hahaha. Beneran deh.

Akhirnya jam 1.30 saya udah mewek di pelaminan hiks hiks. Emosional lah pokoknya, dengan sedikit drama, akhirnya saya dibawa turun ke pelaminan dan disiapin mobil buat langsung ke rumah sakit. Makanan yang disodorkan ke saya beneran rasanya ga ada sama sekali loh. Hambaaaar banget.
Rasanya uda pingin ke rumah sakit. Jadilah masih dengan busana resepsi lengkap, saya bergegas dari halim langsung ke MMC, menuju kamar suami tercinta. Pas nyampe rumah sakit, bodo amat dah diliatin orang-orang. Menurut kesaksian teman saya, satpam sempet nanya, apakah yang diopname itu artis karena bnyk yg dtg plus ada fotografer dan kameramen. Yearite.. hahaha

FINALLY :)

Dan akhirnya pas saya masuk kamar, ternyata kamar ramai dengan teman-temannya maskoko. Teman-temannya maskoko yang tau kalo maskoko diopname, dari halim langsung menuju ke MMC, beberapa malah yang belum nyampe halim langsung puter arah ke MMC. Satpam di lantai itu sampe bikin peraturan yang masuk harus ganti-gantian ‘saking ramenya. Hahaha.

Kata-kata maskoko yang pertama pas liat saya adalah : “You are beautiful.. as always..”
Huhuhuhu.. so sweet maskoko :")

Akhirnya sambil dibantu suster, maskoko pake deh itu beskapnya dan kita foto-foto nikahan di kamar rumah sakit. Hahaha. Kapan lagi coba..


Then we spend the rest of the day with friends and family that come visiting us on that day. Melelahkan tapi juga membahagiakan secara bersamaan. Walaupun endingnya ga seperti yang diharapkan, tapi 15 Mei 2016 benar benar hari yang istimewa dan akan selalu saya ingat. Semua orang senang. Kedua orang tua kami juga merasa senang, walaupun maskoko sakit, tapi menurut mereka justru di situ support dan kasih sayang dari semua orang terasa sekali.
 
And it went viral…

Dan lalu entah siapa yang memulai, our wedding stories went viral! Tiba-tiba ceritanya ada di fesbuk, di line, dan postingan instagram saya ada di mana-mana. Hahaha. Saya sih senang-senang aja ya, karena artikelnya kan bilang wanita cantiklah, wanita tegarlah, yang akhirnya jadi bulan-bulannya maskoko ke saya. Hahaha.

Saya mendapat banyak pujian akan ketegaran saya di hari H, pujian itu saya kembalikan ke Tuhan Yang Maha Kuasa. Kalau bukan karena Dia, mungkin saya sudah mewek karena pernikahan saya “hancur berantakan”. Tapi saya yakin karena karunia roh kebijaksanaan dan kesabarannyalah saya bisa melalui ini dengan tenang dan bisa melihat sisi positif dari semua ini. Semua orang yang menyalami saya di pelaminan, hampir semuanya menanyakan maskoko dan saya memberikan ucapan selamat yang tulus, tidak basa-basi.

Vendor-vendor nikahan saya ini juga super sekali. Terimakasih untuk Mba Inten dan kru Kusumo Inten yang supportive banget di saat-saat genting. Orang yang cukup berjasa buat bikin saya tegar itu adalah mba Inten, periasnya. Makasih banget loh mbak. Kalau untuk vendor tanpa cela nikahan saya ini adalah katering dari Gandrung! Semua orang bilang enak. Bener bener semuanya. Luar biasa loh, konsisten pujian datang dari mana-mana. Dan masih sempet bungkusin kambing guling dengan pesan "ini favorit mantennya". Terharu banget sayaaa.  Dekor dari Mwangi Dekor juga mantap, support banget bahkan sampe ngasih semangat di pelaminan. Makasih banget ya Om Didi. Terus yang paling berjasa untuk do the extra mile adalah vendor foto : Matasaya Photography. Makasih banget ya bang Palty dan kawan kawan, sampe rela ikut ke rumah sakit, bantu bantu bawa seserahan. Mantap! Dan terkahir buat WO nareswari wedding, terimakasih ya udah support di masa-masa genting >_<

Tidak ada yang saya sesali dan terlebih-lebih saya yakin seyakin yakinnya bahwa mas Koko benar-benar adalah pasangan yang diciptakan untuk saya, karena kami berdua bisa jadi orang yang lebih baik di saat saat paling “down” tepat di hari pertama kami memulai kehidupan sebagai suami istri.

Doakan semoga kami bisa lebih saling support satu sama lain dan bahagia selalu yaaah :)

-end





Kamis, 05 Mei 2016

BRIDEZILLA IS REAL!

Yes mafren. Bridezilla is real.
I am so stressful right now that small problem can leads me into tears.
Really.. a small problem can makes me cry all day.
Mungkin karena barengan sama PMS juga, plus gw sendirian di Bangkok dan segala kehebohan ada di Jakarta.
Plus, pada dasarnya saya adalah seorang ratu drama, yang emang suka heboh dan lebay. Berusaha menahan diri sih, tapi kayaknya terakhir-terakhir ini uda bener-bener melebihi limit.

Herannya, hal-hal yang bikin sakit kepala malah hal2 yang tidak terduga. Hal yang dikhawatirkan sih sudah beres. Mungkin dengan nulis di blog bisa meringankan sedikit.

1. Menggabungkan 2 paduan suara adalah keputusan  YANG PALING BURUK yang saya ambil di pernikahan ini. Mengapa? Karena yang ada hanyalah masalah, masalah, dan masalah. Kirain tadinya masalah ga bakal seribet ini, toh tujuannya nyanyi sama-sama. Tapi kalau ada orang yang udah ga suka satu sama lain, hal kecil bisa jadi besar. Urusan-urusan ga perlu bisa jadi ribut : nyari tempat latian, partitur, hfff.. Maksud hari menggabungkan 2 paduan suara yang bagus supaya jadi lebih bagus. Tapi ternyata kalau niatnya ga bener dan serakah, ga direstui sama Tuhan. Sampai detik ini, masih ada masalah ga penting di antara dua paduan suara ini, dan ini adalah hal yang paling bikin saya sedih sampai nangis-nangis. Yasudahlah. Setiap orang berbeda dan emang salahnya itu di saya, ga bisa mengerti karakter orang dan ga mikir jauh ke depan, ga sadar resiko yang diambil. Dua benda yang bagus kalau dikombinasikan belum tentu jadi bagus banget. Sejujur-jujurnya, saya sudah pasrah kalau nanti mereka nyanyinya ga bagus, karena rasa benci dan amarah satu sama lain lebih kuat daripada niat baik untuk bernyanyi dan pelayanan.

Kalo kata mama sih dirsuruh berdoa semoga masalahnya reda. Ya semoga saja sih, tapi saya ragu. Sudah terlalu capek denger kedua belah pihak saling ngadu setiap habis latian. Really, what was on my my mind when I think  I can reconcile this 2 groups?

Pelajaran berharganya : JANGAN GABUNGIN DUA PADUAN SUARA YANG MEMILIKI ANGGOTA YANG SALING GA SUKA SATU SAMA LAIN

2. Mengambil resiko mengurus pernikahan dari luar negri adalah juga KEPUTUSAN KEDUA PALING BURUK. Saya pikir saya bakal bisa menghandle, tapi ternyata ada hal-hal yang tetep bikin saya sedih. Mungkin kalau acaranya simple semua dalam satu hari bisa dimanage. Tapi ini udah acaranya 3 hari, orang tua cukup rempong dengan perubahan di sana sini, plus mereka berdua juga punya kesibukan masing-masing jadi ga bisa 100% bantu handle printilan di Jakarta (well anyway mereka juga orang tua kan? Saya ga mungkin memperlakukan orang tua layaknya WO nyuruh ini itu), plus papa yang beberapa kali masuk rumah sakit jadi mama juga harus mengurus papa, adik-adik sedang di fase sibuk2nya, dan banyak detail2 yang tidak bisa diserahkan kepada WO. Saya merasa gagal dan ga hands on, berakibat pada lebih sering marah-marah sendiri dan kesel sendiri.

Pelajaran berharga : YOU SHOULD BE THERE PHYSICALLY! Karena facetime, whatsapp, dan telfon tidak menyelesaikan masalah, malah kadang menambah masalah.

3. SAMPAI DETIK INI, KEBAYA RESEPSI GW BLM SELESAI DIKECILIN
Deg-degan sih sebenernya.. tapi mau gimana lagi. Gw turun 4 kilo dari pertama ngukur sampe pas kemarin fitting, padahal gw ga yagn diet2 ambisius gitu.. jadi alhasil harus dikecilin agak banyak. doain aja semoga bisa selesai on time

4. lalu ketika semua kirain uda beres, TERNYATA DEKORASI KAMAR PENGANTIN BELUM ADA VENDORNYA
jeng jeng..nyokap ingetnya uda masuk ke vendor tenda, bokap ingetnya belum. Ini deh yang selalu kejadian. Ketika  babe lo bilang "Tenang aja, udah papa urus" -- DONT YOU EVER DO THAT. Harus crosscheck dan tanya detail. Alhasil gw cari2 sendiri dan udah ada solusinya, Untung bisa.

5. LDR sampai H-4. Dalam situasi kayak gini kadang yang dibutuhkan adalah pukpuk dari si calon suami. Tapi gimana dong kalo LDRan? Hiks hiks. Udah ini perkara LDR bakal jadi novel 100 halaman kalau gw jabarin gimana keselnya harus ngelakuin semua ini terpisah fufufuf. At the end of the day I am just a cancer girl that need that caring loving pukpuk from my love one


6. Terakhir : GW JERAWATAN GEDE BANGET DI DAGU!
Udah ke dokter sih hari ini dan uda disuntik.. hiks.. ini sih  lingkaran setan. Stress bikin jerawat, jerawatan bikin stress

Yak demikianlah semua keluh kesah gw yang sudah menjelma jadi bridezilla. beruntung Maskoko manis dan pengertian luar biasa. Sabar ya mas. Hope I can get my menstruation sooon, so this stupid hormones will not be a catalist for this unnecessary emotion. However I am start questioning myself. Is it bridezilla? Or am I just simply a b**ch


Rabu, 13 April 2016

30 hari lagi menuju..

Ga berasa tiba-tiba udah 30 hari lagi aja.  Perasaan campur aduk. Tiap orang nanya gimana persiapannya, hanya bisa menghela nafas memasang muka mewek, karena ga tau harus jawab apa. Hahaha.

Tapi kalau ditanya : "Yakin ga nikah sama yang ini?" Jawabannya jelas : YAKIN! 

Hahaha, masa masa bertanya-tanya ke diri sendiri "Am I settle for the less?" sudah lewat.
Jawabannya tidak. Karena dunia ini bukan dunia hitam dan putih, dan kualitas seorang manusia itu bisa dilihat dari berbagai macam sudut pandang. Less itu apa sih? Less dari siapa? Less dari calon suami idaman? Less dari diri sendiri?

Pengalaman menjalin hubungan di masa lalu mengajarkan saya banyak hal tentang apa yang saya cari.
Dari semua yang gagal itu, hal yang missing adalah kemauan untuk berkomitmen apa pun keadaan saya. Dan mas Koko mau berkomitmen. Secara dewasa datang ke orang tua saya, memberi tahu bahwa ia mau serius dengan saya, meminta waktu untuk persiapan, Bukan kisah cinta SMA penuh dengan kejutan lamaran ala-ala televisi. Itu yang saya cari. Sudah cukup saya merasakan romantisme di masa muda (ajie... hahaha) tapi ternyata romantisme itu ga sama dengan komitmen.

Dan satu yang pasti : manusia itu selalu berubah. Saya berubah, pasangan saya juga pasti akan berubah. Menilai masa depan seseorang dari keadaan masa kininya belum tentu adalah tolak ukur yang bijak. Yang mapan bisa jadi tambah mapan atau tambah melarat. Yang karirnya bagus bisa jadi tambah sukses, atau malah tiba-tiba jatuh ke bawah. Yang gendut bisa jadi tambah gendut, atau malah tiba-tiba jadi tambah kurus. Kita ga pernah benar-benar tahu. Tapi karakter menurut saya ga akan banyak berubah. Kita bisa menilai komitmen dan cara dia menghadapi masalah sebagai pertimbangan. 

Well hal ini berlaku juga buat diri saya sendiri. Saya sekarang belum tentu sama dengan saya 10, 20 tahun lagi. Dan ketika ada orang yang mau berkomitmen dengan saya dengan segala kekurangan dan kelemahan saya, dan saya juga merasakan hal yang sama, maka saya tahun kesempatan seperti ini tidak datang dua kali.

Sudah banyak yang bilang, pernikahan itu adalah awal dari perjalanan panjang. Dan intinya adalah komitmen. Saya mengamini hal itu. Masih banyak hal yang belum sempurna di hubungan saya dan mas Koko, tapi saya yakin bahwa saya mau memulai perjalanan panjang ini bersama-sama, dan saling memperbaiki satu sama lain.

Jadi, 30 hari lagi menuju hari H. Semoga segala seuatunya berjalan lancar..
Lalu teringat printilan yang belum beres di Jakarta. Lalu rasanya ingin marah-marah ke semua orang. Hufff.. 

Rabu, 06 Januari 2016

Cerita Saya Mencari Jodoh

Hari ini tiba-tiba dapet pertanyaan random dari Mba Susan,

"Pernah ga sih sebelum ketemu sama si mas ini mau menyerah untuk pasangan hidup?"

Dan jawabannya adalah "Tentu saja pernah!"

Well, mencari pasangan hidup adalah suatu drama tersendiri dalam hidup saya. Saya ingat beberapa orang selalu bilang "drama banget si lo Git?"

Yaaaa begitulah. Saya orangnya gampangan, jadi mudah sekali buat suka si ini, suka si itu, ngarep si ini, ngarep si itu. Berkali-kali suka dengan orang yang "salah". Kenapa salah nya tanda kutip? Karena ya relatif sih salahnya, tergantung dari value apa yang kita pegang dan budaya yang kita jalankan.

2010 saya ingat betul saya jatuh cinta sejatuh jatuhnya sama seseorang yang jelas-jelas tidak akan diterima oleh keluarga. Ketika akhirnya saya memutuskan untuk move on, di situlah saya benar-benar desperate setengah mati untuk move on dan jadi lebih "gampangan".

Hasilnya? Nihil. Kenapa? Karena saya mencoba mencari hubungan baru semata-mata untuk melupakan hubungan yang lama. Ga bagus dan ga sehat. Saya kerap membanding-bandingkan segala sesuatu dengan mantan, bahkan masih berkomunikasi dengan mantan. Ya udahlah ga jadi-jadi.

2012, teman kantor saya menyuruh saya membuat daftar kriteria pasangan yang saya mau. Terus saya berdoa deh sama Tuhan, minta dikasih sesuai dengan yang saya mau. Saya membuat listnya dan ada 12 kriteria yang saya mau :
1. Katolik (Kristen boleh lah)
2. Sayang sama saya
3. Diterima oleh mama papa dan adek-adek
4. Keluarganya sayang sama saya
5. Entrepreneur (atau paling ngga mapan lah)
6. Do sports (futsal, sepeda, lari)
7. Suka traveling
8. Bisa diajak hangout (drink alcohol :p)
9. Sabar
10. Bisa ngasih tahu kalau saya salah
11. Berjiwa sosial
12. Menerima dan diterima oleh teman-teman saya
Komentar teman saya pas liat list ini : "Susah amat Git, emang bakalan ada orang kayak gini?"
Bodo amat, toh ini yang saya mau kan?

Well, dari 2012 - 2014 saya ketemu dengan berbagai macam orang.. Sebagian besar dari mereka 70-80% sesuai dengan kriteria yang saya buat ini. Tapi ternyata ga jadi-jadi juga. Kenapa? Ya karena ini adalah hubungan antara 2 manusia. Mau kriterianya sesuai dengan yang saya cari, kalau ga ada perasaan ya mana bakal jadi.

Ada mas fotografer yang ngobrolnya asik, tapi at some point ga nyambung aja dan ternyata dia deket ke beberapa orang dan saya hanya serpihan biskuit di kaleng Kong Guan :))
Dari mas ini saya belajar bahwa setiap orang bisa dekat dengan banyak orang dan oleh karena itu jangan terburu-buru dan jujur pada diri sendiri. Nyaman atau engga'?

Ada pak dokter misterius yang perhatian tapi berakhir drama karena tiba-tiba ada mantan yang datang dan semuanya hilang begitu saja.
Dari bapak yang ini saya belajar tentang adanya external force yang bisa mengacaukan segala-galanya ketika semua dirasa baik-baik aja. Dan bahwa ketika kita terburu-buru menyimpulkan segala sesuatu, ya jadinya berantakan aja. Dan kayaknya waktu itu saya masih childish, masih pingin jadi orang yang "diperjuangkan" daripada mencoba lebih mengerti dan sama-sama berusaha untuk memperbaiki keadaan. Intinya sih ketika semua kejadian timingnya salah, ya ga bakal ketemu aja.

Ada mas tukang makan yang udah sayang-sayangan tapi ternyata oh ternyata lagi-lagi saya cuma pilihan kedua. Ini, sakitnya mentok banget.  Hahaha.
Dari mas yang ini saya belajar lagi-lagi saya suka terburu-buru menyimpulkan segala sesuatu dan ketika saya terlihat terburu-buru, saya cuma bikin si mas ini tambah mundur karena dia sedang tidak mau buru-buru. Intinya? Beda phasing dan speed di perasaan.

Ada mas ganteng yang cuma lewat sekelabat. Ini bener-bener cuma sekelabat lewat doang, tapi karena yang bersangkutan gantengnya lahir batin hahaha, ga bisa ngga dilewatin.
Dari mas ganteng satu ini lagi lagi dan lagi saya seperti biasa terburu-buru dan banyak bikin blunder, end up dengan pertanyaan dari dia "lo bener-bener pingin banget punya pacar ya git?" dan nasihatnya adalah "ya jangan minum-minum lagi". Di titik itu saya akhirnya sadar, saya terlalu sibuk mencari laki-laki yg sesuai buat saya, tapi saya ga berusaha jadi wanita yang lebih baik yang pantas diperjuangkan.

Hahaha.

Akhirnya saya ngerem. Mencoba lebih rileks dan mencoba jujur pada diri sendiri bahwa saya takut jomblo seumur hidup. Saya kurang ingat apa yang terjadi kemudian, tapi saya menemukan diri saya lebih rileks dan lebih open. Lebih disiplin dan lebih fokus ke kerjaan. Lebih fokus dengan hidup dan dengan keluarga.

Lalu datanglah Silvia memperkenalkan tinder, lalu Gea dan Novi yang memaksa install tinder. Lalu semuanya terjadi begitu saja. Saya berkenalan dengan mas Koko, dan kemudian semuanya benar-benar berjalan mulus. Effortless. Saya pikir saya tetap melakukan kesalahan-kesalahan di hubungan-hubungan sebelumnya. Terburu-buru. Tapi karena saya dan mas Koko melihat ke titik akhir yang sama, buru-burunya saya membantu dia untuk membuat keputusan. Dan dia ga keberatan dengan saya yang minum-minum. Dan ga ada masalah timing. Dan kita nyambung pakai banget. Dan ternyata ini yang membuat segala sesuatunya bekerja. Good conversation, good feeling and good timing. Faktor orangnya, chemistrynya dan kehendak Tuhan yang mahakuasa.

Dan dan dan di sinilah kami berdua sekarang, 128 hari lagi menuju pernikahan.
Dan tau ga, pas saya bandingin mas Koko dengan list yang saya bikin di tahun 2012, itu cocok semua! Hahaha.

Well, jodoh itu emang di tangan Tuhan karena kadang-kadang cara ketemu dan cara kerjanya ga terduga-duga. Semua quote quote soal cinta, jodoh dan pasangan hidup mulai terasa masuk akal :)

Jadi untuk menutup cerita panjang malam ini, saya mau ambil satu quote yang agak norak tapi menurut saya benar adanya. Lebih kurang seperti ini ;

"Kalau orang yang kamu sayang tiba-tiba menghilang dari hidupmu, percayalah itu karena Tuhan lagi membuka jalan supaya kamu bisa ketemu sama jodohmu"





Selasa, 05 Januari 2016

Refleksi 2015

Dan tiba-tiba tahun sudah berganti menjadi 2016. Perasaan baru kemarin tahun baruan 2015, baru kemarin tiba-tiba jadian dan ngomongin nikah tahun depan.Tapi ya namanya juga perasaan, perasaan itu kan bisa salah.

Lalu apa refleksi 2015?

Secara keseluruhan, saya menyimpulkannya dalam satu kalimat :

"sebaik-baiknya manusia berencana, Tuhan yang menentukan"

Berikut ini beberapa contoh kejadiannya:

1, Naik gunung
Rencana: pingin ke Semeru dan ke Argopuro
Kenyataan: ga ada naik gunung sepanjang 2015 karena jadi TKI di negeri gajah

2. Foto pre-wed
Rencana: prewed di Semeru atau Bromo!
Kenyataan: serba dadakan di UI, senopati dan blok S seperti halnya foto prewed pada umumnya. Hahaha.

3. Berat Badan
Rencana: kemali ke ukuran 49 kg
Kenyataan : stuck di 51.5 dan ga bisa turun2 lagi kecuali ga makan nasi sama sekali yang adalah susahnya bukan main. Harus mulai lari lagi sih.

4. Relationship
Rencana: lebih mengenal satu sama lain sebelum akhirnya menikah bulan Mei 2016
Kenyataan: LDR  sampai nanti Mei 2016 dan tanpa direncanakan akhirnya tunangan aja gitu. Lebih banyak berantemnya karena LDR itu susahnya bukan main. Sejujur-jujurnya, kalo ga pake tunangan, mungkin ga akan seteguh sekarang hehehe.

Lalu? Ya sudah, harus lebih giat lagi di tahun 2016. Banyak rencana dan harapan di 2016. Harus lebih banyak berdoa dan berusaha :)

semangat!