Cool - SpaceAstronout (The Milo cover)

Minggu, 21 Juni 2009

1 ons = berapa gram?

---> ini gw dapet dari temen gw anak TEKIM!!



Jadi gw dapet forward email gitu dari suatu milis teknik kimia...d emailny diceritain klo ad orang yg d PHK gara salah perhitungan pas ngolah limbah gitu..pastiny ni orang kaget parah waktu d PHK karena apa yg dipelajariny selama di SD SMP SMA malah g ada dasarny..freak abis..ni email selengkapny

PENDIDIKAN YANG MENJADI BOOMERANG

Seorang teman saya yang bekerja pada sebuah perusahaan asing, di PHK akhir tahun lalu. Penyebabnya adalah kesalahan menerapkan dosis pengolahan limbah, yang telah berlangsung bertahun-tahun. Kesalahan ini terkuak ketika seorang pakar limbah dari suatu negara Eropa mengawasi secara langsung proses pengolahan limbah yang selama itu dianggap selalu gagal.

Pasalnya adalah, takaran timbang yang dipakai dalam buku petunjuknya menggunakan satuan pound dan ounce. Kesalahan fatal muncul karena yang bersangkutan mengartikan 1 pound = 0,5 kg. dan 1 ounce (ons) = 100 gram, sesuai pelajaran yang ia terima dari sekolah.

Sebelum PHK dijatuhkan, teman saya diberi tenggang waktu 7 hari untuk membela diri dgn. cara menunjukkan acuan ilmiah yang menyatakan 1 ounce (ons) = 100 g. Usaha maksimum yang dilakukan hanya bisa menunjukkan Kamus Besar Bahasa Indonesia yang mengartikan ons (bukan ditulis ounce) adalah satuan berat senilai 1/10 Kilogram. Acuan lain termasuk tabel-tabel konversi yang berlaku sah atau dikenal secara Internasional tidak bisa ditemukan.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lepas dari adanya kebiasaan kita mengatakan 1 ons = 100 gram dan 1 pound = 500 gram, ternyata emang g pernah ada acuan sistem takar timbang legal atau pengakuan internasional atas satuan ons yang nilainya setara dengan 100 gram. Dan dalam sistem timbangan legal yang diakui dunia internasional, *tidak pernah dikenal adanya satuan ONS khusus ** Indonesia ** (yakni 1 ons = 100 gram). Jadi, hal ini adalah suatu kesalahan yang diwariskan turun-temurun.

Sampai kapan mau dipertahankan ?


Nah, berikut ini adalah persamaan konversi yg bener menurut satuan internasional..bisa diliat kok d ensiklopdi kyak oxford, britannica, n tabel2 konversi satuan internasional yg laen...(d text book kuliah sebenerny ad si..lebay aj gw)

1 ounce/ons/onza = 28,35 gram *(bukan 100 g versi Depdiknas)*
1 pound = 453 gram *(bukan 500 g versi Depdiknas)*
1 pound = 16 ounce *(bukan 5 ons versi Depdiknas)*

email di atas baru contoh kecil akibat dari kesalahan konversi yg notabene gw yakin banget ud mengakar d otak semenjak kita masi bocah..(ato mungkin anak2 sd smp sma jaman sekarang masi diajarin konversi yg begono???). Bayangin aja klo hal tsb terjadi di bidang farmasi n kedokteran gitu..whew..ga kebayang deh brapa orang yg KO..

mgkn dari sekarang kt bs ngebiasain u/ ngingetin adek2 kita yg masi kecil or temen2 kita tentang hal ini..hehe. Buat masa depan dunia pendidikan di Indonesia yg lebih baik?? (haha..lebay abis)

3 komentar:

kucing merana mengatakan...

seeep

artikel yang bagus
saya suka

add facebook akooh yawh

KORAN ANAK INDOENSIA mengatakan...

sebenarnya kedua2 nya benar, tergantung bagaimana konversi nya
selengkapnya dapat disimak di http://b0cah.org/index.php?option=com_content&task=view&id=136&Itemid=40

triesti mengatakan...

fyi, di belanda 1 ons = 100gr, 1 pond=500gr. you need to learn how to differentiate between ounce and ons, pound and pond. it's not a matter of math. tapi lebih dimana bumi dipijak, disana langit dijunjung, kalau di tempat yang menggunakan imperial ya ikut yg imperial, kalau di metrik ya metrik. Yang membuat rancu mungkin kamus ENglish-Bahasa Indonesia Echols yang memuat ounce=ons (ini salah satu cara penterjemah menyerap kata asing, seperti zadel =>sadel)