Cool - SpaceAstronout (The Milo cover)

Selasa, 25 Desember 2007

yang beda di natal ini

Lagi suka membuat daftar nih. Ini daftar hal-hal istimewa yang terjadi natal kali ini:

1. natalan cuma ber empat. Adek gw yang nomer satu, si Tony Prima Witono sedang menuntut ilmu di Belanda soalnya. Tadi malam dia menelfon.. Huhu... Kangen!!

2. Untuk pertama kali natalan sama pacar. hahaha... Kemaren habis misa malam natal kan ke rumah eyang kakung. Nah, si Diddo menyusul ke sana setelah dia pulang gereja dan makan malam di sana!! huhuhu.. senangnya.

3. Kotbah malam natal kali ini "mencerdaskan"!! Gw ampe tepuk tangan habis si Romo Sulis kotbah. Dia menjelaskan kenapa natalan itu pake pohon natal. Kenapa kita merayakan natal pake tanggal 25 Desember yang bahkan itu tanggal bukan mutlak tanggal lahirnya. Dia bilang, karena Yesus itu sangat luar biasa sehingga orang-orang amat ingin merayakan ulang tahunnya! Nah, jawaban ini seirama dengan konsep ke-Yesus-an gw. Bahwa Yesus adalah pahlawan kemanusiaan!!

Tanggal 25 desember sebenarnya adalah hari pemujaan dewa matahari orang mesir kalo ga salah, yang memusatkan perayaan di pohon yang tidak pernah kering sekalipun di musim salju, yaitu pohon cemara. Gereja ingin sekali merayakan kelahiran Tuhan Yesus dan menganggap perayaan ini ok sehingga mengadopsi perayaan ini menjadi perayaan kelahiran Yesus dengan alasan "matahari = anak terang = anak Tuhan turun ke bumi". Hahaha... pintar sekali ya. Tapi gw salut dengan Romo Sulis yang setengah mati menekankan bahwa hal ini terjadi semata karena Yesus begitu menggugah hati banyak orang sehingga orang-orang begitu ingin mengenangnya dengan cara yang paling baik!

Tapi, bila logika ini dipakai untuk kepercayaan dan pengalaman batin orang lain, maka jangan salahkan ketika ada banyak aliran. Aliran-aliran yang beda dengan yang ada di buku PPKn yang akhirnya dibilang "aliran sesat" sebenar-benarnya kan adalah bentuk penghargaan tertinggi dari manusia kepada kekuatan maha Agung yang membut dunia ini bekerja!! Dan kalo bilang Katolik dan Protestan beda agama, menurut gw itu konyol. Apanya yang beda? Tuhannya sama kok. ang ngebedain kan tingkat kestoyan manusia yang merasa tahu mana yang bener dan mana yang salah.. Fiuh..

Balik ke natal. Lalu kenapa kalo kita merayakan kelahiran sang pahlawan kemanusiaan Yesus? Semangatnya itu! semangat untuk menghargai setiap hal kecil dan setiap orang di sekita kita!!kita ga pernah tahu siapa yang bisa jadi pahllawan untuk hidup kita. Sama kayak Herodes yang ga pernah menduga raja penakluknya cuma bayi orang miskin Nazareth yang lahir di kandang kambing!!

hohohoho...

Minggu, 23 Desember 2007

Kera apa yang jauh?? ke Ragunan!!!

Tapi terimakasih lah kepada busway!! Ragunan kini tak sejauh itu lagi... Hahaha... Saya merayakan satu bulan hubungan saya dengan kekasih saya di Ragunan. Tepatnya di Kebun Binatang Ragunan. Ada beberapa poin penting yang saya ambil dari hasil jalan-jalan ke sana:

1. Ragunan adalah tempat yang romantis!! Hahahaha... apalagi kalau hujan..
2. Kita sering ngatain orang lutung, atau monyet, atau siamang. Tapi yakinkahkita bahwa kita benar-benar tahu benda apa yang kita sebut-sebut itu??
3. kalau kita ngomongin bangsa Indonesia, jangan cuma ngambil sampel orang yang jalan2 ke mall.. Tapi orang yang datang ke kebun binatang juga. Tempat yang murah, bikin pinter pula. Bebas polusi. Mengajarkan manusia saling berinteraksi tanpa memandang keadaan finansial.

Saya bangga masih ada tempat seperti Kebun Binatang Ragunan. Dan saya senang Ragunan masih tamai dikunjungi orang. Sesuatu yang baik masih terjadi di negri ini.. :)

Rabu, 31 Oktober 2007

gelap nyawang

Tempat kesukaan saya untuk makan. Terutama di temapt Sidik. Hehe.. Bisa ngutang, murang dan kenyang... Tapi sekarang, jarang banget ke sana...

Ini tempat bersejarah. Tempat curhat sama anak psik, tempat diputusin sama avi, tempat berantem sama avi, tempat kencan pertama sebelum jadian dengan avi, tempat ngecengin cowok2 okeh, tempat nyanyi bareng lagu iwan fals atau lagu yang keluar dari tempat sidik, tempat konspirasi politik berlangsung, tempat nangis kalo lagi menggila, tempat mengamatai perilaku anak jaman sekarang, tempat traktir ulang tahun orang.. hahahaha..

Kayaknya semua-muanya uda pernah dilakuin di sana..

Yang dicari di gelap nyawang itu bukan makannya setelah dipikir-pikir. Entah apa, tapi suasana di sana benar-benar bikin betah. Dulu tingkat 2 sering banget bolos kuliah cuma gara-gara males beranjak dari sana. Walaupun cuma sendirian.. Hahaha..

Masyarakat yang benar-benar masyarakat ya ada di sana. Penggerak perekonomian kita. Dari yang minta-minta sampe yang ngamen ga keruan. Yang warungnya terurus dan bersih sampe yang ngepas asal jadi. Bagaimana orang menghabiskan waktu, menuggu pelanggan, ngobrol, mengkritik kerjaan mahasiswa yang ngomong doang, ngeliatin orang tabrakan atau kuda yang jatoh keseleo,, Hahahaha... Gelap nyawang adalah way of life.. Hahahaha...

Ya sudah, cuma ingin nulis soal gelap nyawang. Saya pikir saya meninggalkan hati saya di sana, walaupun sedikit. Entah untuk apa, tapi mungkin itu bentuk protes saya.. Bentuk protes akan rasa ketidakpedulian dan kecuekan jaman ini..

Selasa, 23 Oktober 2007

gosip, sesuatu tanpa motivasi?

Kemarin mengikuti kuliah dengan pak Gede Raka dan membahas soal 3 motivasi sosial: affiliation, achievement and power motivation.

Affiliation type... Selalu menjaga hubungan baik dan silaturahmi. Salah satu ciri mencoloknya, kalau datang ke tempat baru, yang dicari adalah orang yang mungkin dikenal atau berhubungan dengan dirinya.

Achievement type.. Harus bisa lebih dari yang biasa. Harus bisa ekstra. Harus bisa memberikan yang terbaik untuk apapun yang dijalanin. Lolita Moorena TI 03 mungkin contohnya.. Superstarlah beliau ini.. hihihi.. atau Haridan TI 05.. Saya lupa blog nya apa alamatnya.. somewhere di friendster lah..

Power type.. Hmm ini lagi... Saya aga sedikit ke situ, tapi ga branded oriented untuk menunjukan kalau mampu beli yang begituan. Siapa ya? Dipa Nusantara Aidit mungkin..

Terus tiba-tiba dosen saya bilang kalua bergosip, adalah kegiatan yang sama sekali tidak ada motivasi nya. Gossip is a zero motivation activity. Lah, sebenarnya jadi bingung. Bukankah bergossip itu membuat orang type affiliation bisa nambah teman yak? Maksudnya motivasi bergosip adalah menambah teman.. hihihi..

"Gossip is the art of saying nothing in a way that leaves practically nothing unsaid." - Walter Winchell

"Gossip is when you hear something you like about someone, you don't." - Earl Wilson

"It is perfectly monstrous the way people go about nowadays saying things against one, behind one's back, that are absolutely and entirely true." - Oscar Wilde

"There is only one thing in the world worse than being talked about, and that is not being talked about." - Oscar Wilde



Duh , tulisan ini jadi tak jelas.. Ya sudahlah .. tapa2.. Mau mandi dulu..

Jumat, 28 September 2007

ambisi

suatu sore, tiba2 hanief bertanya kepada gita:

"sebenernya ambisi lo apa sih?"

zing....

gita menjawa dengan penuh keyakinan..

"ga ada, gw itu orang yang ga punya ambisi..."

..

kalo lo ga punya ambisi, terus ngapain lo capek2 kuliah dan ga mau bolos, capek2 begadang ngerjain tugas padahal bisa dikerjain temen sekelompok yang lain, ngapain capek2 latian psm 4 hari seminggu malem pula, ngapain capek2 belajar PPC ampe nginep2 segala, ngapain bela2in rapat pm sore2 sama orang yang belum lo kenal..

..

emang ambisi itu apa sih.. maksud gw, gw memang punya tujuan, tapi gw ga berambisi dengan tujuan itu. jadi bener kan kalo gw bilang gw itu orang tanpa ambisi. gw sedang tidak segitu2nya pada sesuatu.

..

lalu apa bedanya ambisi sama cita2? kadang sedring denger kalimat kayak gini kan: "ambisi gw adalah mencapai cita2 gw,," atau "cita2 gw adalah mewujudkan ambisi gw", kok gw jadi berpikir ambisi dan cita-cita sama ya. ato memang sinonim? tapi kalo ambisi tuh kesannya pake nafsu gitu, maniak, harus diwujudkan, sama kayak obsesi... ngomong2, banyak kan kata dalam bahasa indonesia yang menjelaskan hal serupa. sebut saja: cita-cita, ambisi, obsesi, mimpi.. apakah keempat hal ini merujuk pada hal yang sama?

..
[tanya google]
..

bless google, ternyata ada artikel yang ditulis oleh ibu Tika, membahas persis apa yang lagi gw pertanyakan.. hihihi.. lucu ya.. :)

nah, ternyata begini,,,

impian/cita2 adalah hal yang lo inginkan tapi cuma ada di kepala lo doang.

ambisi adalah cita-cita atau impian yang udah lo transfer dalam bentuk rencana terstruktur untuk mencapainya.

obsesi adalah dorongan berlebihan untuk mencapai ambisi. Jadi ga cuma sekedar merencanakan, tapi harus tercapai.

jadi gw udah salah mengartikan ambisi, makanya gw bisa dengan santai ngejawab ga ada. karena di kepala gw, definisi ambisi itu sama kayak obsesi..

..
[anggaplah kejadian kemaren terulang lagi]
..
tiba2 hanief bertanya kepada gita:

"sebenernya ambisi lo apa sih?"

zing....

gita menjawa dengan penuh keyakinan..

"mengerjakan dan memulai rumah belajar PM di tahun ajaran ini, lulus 2 tahun lagi dan bisa kerja di bidang yang memungkinkan gw bayarin uang sekolah adek gw, tapi ga bikin gw jadi pengecut. hahahaha...."

Jumat, 21 September 2007

sudoku dan anak jalanan

Ketika sedang ngelamun nungguin teman-teman pm buat rapat jumat siang jam setengah dua di cc, tiba-tiba gw inget bahwa gw membawa gam sudoku digital. Jadi bentuknya kayak gameboy, tapi gamesnya cuma ada sudoku doang.

It's realy additive for me.. Parahlah.. sekali main, ga bisa berhenti. Apalagi kalau ada yang susah banget..

Langsunglah gw keluarkan dari tas dan bermainlah gw sambil nunggu orang-orang datang. Dan entah kenapa, sambil main itu, pikiran gw meloncat-loncat ke artikel yang gw baca di kompas pagi ini soal anak jalanan. Di usia yang sangat dini mereka bermain-mainnya di jalanan sambil nyari duit buat disetor. Gimana kalo mereka diajarin aja main sudoku? Supaya walau ga pernah sekolah, logikanya terasah. Nalarnya jalan..

Di jakarta, mau ada perda yang ngelarang penduduknya memberi sedekah buat para pengemis / anak jalanan. Kalau begitu, berarti keberadaan pengemis diakui dan dimantapkan secara ga langsung dong? dan terpisah dari penduduk jakarta??

Maka tembok antara yang kaya berpunya dengan yang muiskin buanget benar-benar terbangun sudah. Lalu kita akan mencela dan mencemooh mereka karena mereka free sex dan ngelahirin anak buat dijadiin pengemis? Menuduh mereka ga bernoral dan ga berperasaan? Dan kita merasa sah memutus segala kenyamanan mereka, walau itu cuma kolong jembatan, walau itu cuma sekolah gratis, walau itu cuma sedekah, hanya karena kita, sebagai kalangan terdidik memiliki standard sendiri tentang mana yang baik dan mana yang buruk?

Tapi dapatkah diterima bila mereka dengan sesuka hati memasang muka lugu memelas setiap hari dan pulang membawa uang yang jauh lebih besar dari buruh-buruh pabrik yang kerja keras di tengah lingkungan pabrik ala Indonesia yang safetynya kelas terendah? Dapatkah dibenarkan bahwa yang ga pernah sekolah bisa hisup lebih "mapan" dibanding mereka yang pernah sekolah? Dapatkah diterima bahwa belas kasih yang basa-basi dari orang kebanyakan ternyata sudah membangung peradaban baru yang tidak menjunjung tinggi harkat manusia yang mampu mencipta, bukan sekedar minta-minta!

Yang bisa gratis jadi mahal.
Yang bisa gampang jadi susah.
Yang bisa sehat jadi sakit.
Yang bisa sembuh jadi mati.
Yang uda bego tambah goblok.
Yang bisa pinter buntut2nya goblok juga.
Yang manusia diusir-usir
Yang kayak rusa disayang-sayang..

See... hidup di Indonesia, apalagi di JAKARTA, logikanya itu hampir ga ada.. Kalau mau pake logika, bisa gila tinggal di sana lama-lama.

Jadi, supaya kehidupan jalanan jakarta berkurang, berikan mereka LOGIKA!! asah logikanya dengan permainan sudoku supaya mereka ga betah tinggal di tempat yang tidak berlogika..

hohoho...

just a thought..
just a konyol thought..

:p

Selasa, 18 September 2007

s/m/l [girls talk]

s = sempit

m = muat

l = longgar

-- yah, kalo badan segede gw mah, m = maksa,,,

wakakakakak...

dicetuskan oleh arlene dan sindy, diceritakan kembali oleh sindy kepada dita, novi, gea, titis dan dwi pada suatu siang sebelum asistensi pti di depan rk.

Minggu, 16 September 2007

Cerita soal habib...

ini cerita tentang salah seorang anak yang sering gw ajar di taboo, dao pojok. Habib namanya. Sekarang duduk di kelas 2 sd.

Gw sering memikirkan dia, karena dia nakal banget. Godain temennya, mukul, berantem, mlorotin celana temennya, makan di depan orang puasa, ga mau dengerin yang dibilang, buang sampah semabrangan, sampe pura-pura nangis. Aduh, semua hal yang lo benci dari anak kecil ada di dia... Gw sudah mencoba segala cara, mulai dari jadi kakak baik, kakak pengertian, kakak jahat, kakak sewot, sampai terakhir: kakak cuek. Tapi nakalnya tetep aja begitu..

HIks.. sampai sedih. Tapi apa itu salah dia? APa itu cuam cara untuk melampiaskan frustasinya akan perhatian yang tidak kunjung dia dapatkan? Kayak gimana nanti dia kalo udah besar? Sampai kapan dia bakal nakal kayak gini?

Tadi tangis gw hampir meledak di depan dia yang baru saja membuat gw kesal lalu memandangi gw dengan tatapan ga berdosa... Di tengah semua masalah dan badai hidup gw, gw amemilih untuk menatap matanya lurus2 " Habib kenapa sih nakal kayak gini. Orang lain kan jadi kesel sama habib." Dan tanpa terduga, dia malah tidur2an di pangkuan gw...

Gw tiba2 menjadi semakin kacau amburadul secara mental.. entah pengalaman batin macam apa ini yang akhirnya membuat gw memutuskan berjalan kaki pulang ke kosan...

GW jadi inget obrolan sama anak2 PSIK kemaren soal pendidikan.. menguitip kata2nya MT Zein kalo ga salah..

yang dipikirkan cuma anak PINTAR yang ga mampu. kalo anak BODOH yang MISKIN? apa ga usah dipikirin....[!!]

Sabtu, 15 September 2007

motivasi yang kocag ketika putus asa :p

b: lo tahu michael owen?

g: tahu

b: lo tahu michael jordan?

g: tahu

b: lo tahu michael schumacher?

g: tahu, michael buble juga tahu gw..

b: lo tahu michael lople?

g: wah, kalo itu gw ga tahu...

b: nah itu dia, si michael lople itu nyerah waktu dia putus asa, makanya dia ga terkenal dan lo ga kenal...

.....

[ thx berat bim.. :)]

Selasa, 11 September 2007

Review Konser ITB choir yang kemaren..












Gw pribadi aga merasa kurang maksimal di bagian altonya, sepertinya suaranya terlalu kecil..

Tapi ternyata tanggapan orang2 cukup positif lo... bahkan katanya better daripada yang ikut pas olimpiade choir ke china kemaren.. Hehehe.. asik...
Ini beberapa komen soal konser kemaren..
Cuman bener... altonya rata, tapi kurang kedengeran..
Baiklah.. saya akan berjuang..

Alto itu spesial lo.. walau pun bukan main voice.. tapi butuh daya musikalitas yang tinggi karena nada2nya itu kan nada2 sulit.. huehueheuheu... Hidup Alto.. :)

Mas Indra, pelatih ITB choir sering bilang.. altonya PSM ITB itu bisa ke sporan sebenernya,, karena kita itu rangenya luamayan tinggi ke atas,,, masih kurang alto.. kurang gimana gitu... Tak pa2 sih,, sejauh ini gw enjoy kok jadi Alto.. hohohoho...

Nah. desember ntar, bakal ada konser dari ITB student choir.. :) Kalau yang kemaren belum nonton, jangan ketinggalan nonton yang ini yak... 3 bulan lagi.. tabung duit kalian ya,,,

Sabtu, 08 September 2007

Kesempatan baginya untuk bangkit lagi!

Ini soal kasus pemerkosaan yang konon katanya menimpa salah seorang mahasiswa ITB liburan semester lalu. Pelakunya sopir angkot, kebetulan waktu itu mahasiswanya pulang malam dan dapat angkot dengan sopir yang ga bener.

Tapi ini yang gw pikirkan terus menerus. Karena tidak kuat, mahasiswa ini mengundurkan diri dari ITB. Kenapa sih ITB menyetujui pengunduran dirinya? kenapa ga dikasih cuti aja, atau waktu untuk recovery dan tetap menantinya kembali di kampus ketika dia sudah siap?

Bukan salah dia kan kejadian ini terjadi, dan dia seharusnya tidak kehilangan kesempatan belajar di ITB gara-gara itu.. Dia masih bisa punya masa depan kok. Sebagai wanita, gw merasa sedih mendengarnya. Sebagai wanita, kita adalah korban, dan kenapa dalam kasus ini beban mentalnya menjadi berlipat-lipat. Sudah cukup menjadi korban, tapi jangan tambah lagi dengan stigmatisasi berlebihan.

Menyembuhkan trauma memang penting, tapi dengan memberi aura optimisme, seperti pintu selebar2nya untuk kuliah dan men encourage dia untuk tetap kuliah, gw pikir itu akan membantu. Dengan menerima pengunduran dirinya, berarti secara ga langsung sama saja membiarkan dia menyerah. Gw ga terima aja..

Perkosaan adalah kasus berat, tapi bukan berarti tidak ada kesempatan untuk bangkit lagi kan??

Untuk kamu, siapa pun kamu, gw ga tahu. Tapi gw berdoa semoga lo tegar dan bisa handle semuanya. Banyak juga kok tokoh2 cewek macho, sukses dan terkenal yang juga mengalami pelecehan seksual. Tapi ternyata kejadian itu ga menghancurkan mereka sampai jatuh berantakan kan?? Merek abisa bangkit lagi, mereka bisa menata hidup lagi.

Ya, bisa bangkit lagi kok..!

Sabtu, 01 September 2007

Konser pertama yang bikin deg2an..

yang bikin deg2an:

1. ini konser pertama (moga2 bukan yang terakhir)
2. barisnya di depan.. man,,
3. lagunya banyak.
4. ditonton mama papa.. huhuhu..
5. bajunya belum jadi sampai saat ini,, man..!!
6. pake sepatu hak tinggi
7. cover partiturnya bikin tangan basah kalau kelamaan megang..
8. kacamata gw sering melorot.. kalo uda gitu, partitur sering ga kebaca.. wakakakak..ga lucu kan tiap 5 detik betulin kacamata melulu..

thx gor the gut lak and semangat selalu!! huhuhuhu...

:D

Senin, 27 Agustus 2007

menempel seenak jidat...

Kesal de melihat papan pengumuman yang ada di kampus berantakan penuh dengan tempelan asal2an yang ngaco saling tindih menindih bikin ga enak dilihat dan informasinya jadi ga jelas.
Sekali waktu gw pernah marahin seseorang yang nemepel2 seenak jidat di atas pengumuman lain yang tanggalnya belum kadaluarsa.

Apa kalau kita nempel pengumuman sebanyak2 dodol nutupin pengumuman yang lain maka pengumuman itu bakal lebih dibaca?

-belum tentu..

Dan bagaimana dengan pengumuman lain yang kita tindih2in seenak jidat?

-ga kebaca, orang yang berkepentingan ga tahu, ada pihak yang dirugikan..

Terus kalau acaranya uda kelar, apa kita bakal bersihin sisa2 nya?

-engga,,


Terus berapa kertas yang uda dibuang-buang hanya demi menunjukan eksistensi seuatu informasi yang toh tidak tersebar secara efisien??

-...... ya udahlah, toh bakal ada yang bersihin juga...

krik.. krik..

Hampir semua dari kita melakukannya. Menempel pengumuman segambreng seenak jidat. Tapi gw pikir, ga ada salahnya untuk memulai sistem menempel pengumuman yang lebih rapih dan beradab. Supaya semua info bisa tersebar luas, dan kertas untuk publikasi ga kebuang banyak. Enak ga sih, kalo lo ngeliat ke papan pengumuman yang ada di kampus, semua poster berjajar rapih, dan semua kegiatan yang ada di kampus bisa ketahuan dengan bener...


Mulai dari mana? Hmm, entahalah.. masih belum kepikiran...

Minggu, 26 Agustus 2007

6 keanehan saya

dapat dari imot dan hanna... jadi saya harus menulis 6 keanehan saya... baiklah, setelah berpikir lama saya menemukan 6 keanehan saya... :

1. saya hidup 20 tahun lamanya dengan menggunakan telinga kiri saja. telinga kanan saya sarafnya tidak berfungsi sama sekali. Hal ini baru saya ketahui ketika saya berumur 14 tahun..


2. saya melihat hanya dengan mata kanan saya saja selama 10 tahun sejak saya kecil. mata kiri saya juling dan tidak berfungsi dengan baik. Julingnya parah banget, sehingga otot2 mata kiri saya tidak terkontrol lagi oleh otak saya. Akibatnya, otak saya hanya menerima sinyal dari mata kanan saya.. Hal ini baru diketahui ketika saya berumur 10 tahun dan langsung dioperasi. Tapi setelah 10 tahun berlalu, ternyata tidak banyak berubah, mata dominan saya tetap mata kanan.

3. Saya mistik. Bisa melihat yang tidak terlihat, bisa merasa yang tidak terasa, bisa mendengar yang tidak terdengar, tapi kadang-kadang... hehehehe,, serem lo... KOnon katanya ini berasal dari keluarga saya. Kakek dari pihak ayah adalah pawang hujan, sedang keluarga dari ibu, adalaah orang bali yang emang mistik.. Ibu saya mistik, kakek saya pernah diguna-guna dan bisa berbicara dengan nenek saya yang sudah pulang ke rumah sana.. Saya kerap mendapat firasat kalau hal-hal buruk akan terjadi pada diri saya,, Aduh mistiklah pokoknya...

4. Saya ga bisa ngomong pelan-pelan... Toa bangetlah.. Bisik2 aja, orang seRT denger... Susah ngomongin yang rahasia, soalnya biasanya smua orang udah tahu aja, secara suara gw segede bagong...

5. Saya suka melakukan hal yang aneh2 ketika berjalan atau ngobrol,, Menggelombangkan tubuh ala aming, menggoyang2kan tangan, menggoyang2kan kepala.. apalgi kalo uda malam2 di kampus ama anak2.. hohoho... mending kalau lucu, masalahnya saya itu GARING banget.. di atas rata2 pula garingnya... patut diinjek2lah.. apalgi kalo lagi stress.. kegaringan saya kacangan banget... saking ga mutunya bisa buat ngusir lalet... :(

6.sedang tidak ingin menikah atau punya anak.... hiks.. terdengar menyedihkan ya.. tapi emang sedang.. saya sudah dimaki2 orang banyak gara2 ngomong gini.. tapi kan ga salah juga... muda-muda idealis ta pa2 kan....

dan 6 orang yang harus mengisi keanehannya adalah:

1. avicenna.. biar mau nulis di blognya yang ga pernah keurus.
2. m iqbal gentur bismono,, biar nyadar kalo aneh
3. Hanna Rengganis, karena dia punya tato..
4. ZALDY!! karena gw ngefans sama dia.. huhuhuhuhu...
5. Dwi Ratih Hutapea.. karena dia guru sekolah minggu..
6. Sindy Allrani, karena dia normal... hahaha..

Senin, 20 Agustus 2007

Mengapa

pernah menyesal terlahir sebagai perempuan? saya pernah. sampai kemudian saya sapai pada satu titik. apakah perbedaan laki-laki dan perempuan ketika segalanya sudah selesai? Mengapa hanya ada dua jenis saja yang dianggap sah dan jenis lain dianggap tidak benar?

Mengapa kegiatan percintaan sesama jenis dianggap salah bila ada orang yang memiliki bawaan demikian?

Mengapa kita tidak bisa memilih di mana kita dilahirkan?

Mengapa ada orang yang kaya sekali dan ada orang yang miskin sekali?

Mengapa kita tidak bisa mengingat segalanya ketika kita masih bayi?

Mengapa ktia hanya disahkan bercinta bila sudah menikah?

Mengapa wanita diberi selaput dara dan pria tidak punya selaput sejenis?

Mengapa kita bisa berpikir?

Mengapa kita bisa membunuh?

Mengapa kita dilahirkan?

Mengapa kita hidup?

Sabtu, 18 Agustus 2007

Hare gene mase bimbel...??

Ini fenomena yang (sepertinya) makin menjadi-jadi di ITB. Bimbingan belajar untuk mahasiswa baru. Biasanya cuma berupa tempelan sembarang di papan-papan pengumuman dari yang murah meriah ampai yang lumayan nguras kantong jenis orang-orang dudul macam saya. Tapi tadi, ketika Open House Unit, rupa-rupanya malah ada yang buka stand dan sengar-dengar menawarkan paket per semester. Buset..

Ya, semua orang memang berhak mencari duit dengan menjual jasa pendidikan. Tapi saya rasa, hal ini akan berdampak pada mental belajar seseorang. Tahap Tingkat Persiapan Bersama (TPB) kerap dikondisikan sebagai tahap paling mampus sehingga mmahasiswa baru seolah-olah membutuhkan bantuan (bimbel) untuk dapat melaluinya. Mungkin memang bisa jadi benar bahwa bimbel membantu. Tapi ketika TPB dilalui dan kuliah jurusan dimulai, apakah butuh bimbel lagi? Ketika sudah lulus dan harus ikut seleksi yang ada tes tertulisnya, apakah juga masih mencari bimbel?

Beberapa orang memang butuh bimbel. Tapi bagi saya, kalo masuk ITB, harusnya tidak butuh lagi, keculai memang dia bisa masuk ITB karena mental bimbel juga. Mental bimbel bagi saya adalah keadaan di mana seseorang tidak pe-de dengan apa yang harus dia lakukan sebelum ada sesuatu yang bisa dicontoh. Misal, sebelum ada contoh soal dan penyelesaian UTS Kalkulus, dia tidak PD buat belajar sendiri.

Saya pikir ITB butuh mahasiswa yang mau dan bisa belajar sendiri. Artinya mereka punya insiatif dan inovatif. Bisa mencermati situasi dan kondisi sekitar lalu memutuskan apa yang dilakukan. Bukan sekedar menunggu contoh akan apa yang dilakukan, atau menunggu master untuk ditiru.

Yah, saya menyayangkan saja kalo para mahasiswa baru masih saja mengambil bimbel. Saya pikir mereka akan kehilangan banyak peluang untuk menguji dan mengasah kemandirian mereka dalam belajar. Itu adalah bekal yang mantap untuk tingkat 2 sampai lulus nanti loh. Kalaupun mentok tidak mengerti bila belajar sendiri, belajarlah bersama mereka yang pintar dan mampu. Siapa? Itulah gunanya teman berempat.. (ini jayusan, harap dimaklumi). Atau kalau temannya ga ada yang pintar, cari tahu siapa yang pintari. Nambah teman, jadi ngerti, dan GRATIS pula!! hohohoho...

Rabu, 15 Agustus 2007

status y!m

fungsi status y!m bagi saya:

1. menjelaskan keadaan fisik ketika sedang online (sakit/flu/suara hilang)
2. sarana pelampiasan kekesalan (an***!/ bangke!/ anjier/#$%!#%!%) baik pada seseorang maupaun pada sesuatu.
3. menerangkan apa yang sedang dilakukan (ngerjain tugas/ prosman lalala )
4. mengharapkan di pm orang (sepi/pm gw!)
5. menerangkan lagu yang sedang disuka
6. berbagi kata2 bijak kepada orang lain
7. berbagi informasi penting yang sifatnya urgen atau yang menarik.

saya adalah orang yang memikirkan dengan sedikit berlebihan status y!m saya. Jadi kalau lain kali online di y!m dan melihat saya ol, sebaiknya luangkan waktu sepersekian detik untuk membaca status saya.. ya.. siapa tahu gitu bisa berguna.. hahahaha...

Senin, 13 Agustus 2007

Tuhan, Ijinkan aku menjadi pelacur! - Muhidin M Dahlan

Baru saja selesai membaca buku ini dan saya sangat senang. Saya merasa nyambung dengan Nidah Kirana dan saya kagum dengan apa yang dia pikirkan.

Mungkin saya, juga seperti mbak Kiran, kecewa dengan beberapa hal di dunia ini. Dan kecewa lalu menampik Tuhan.. Kurang iman? Kurang bijak? Entahlah..

Ya.. ya.. soal seperti ini tidak akan selesai dalam sekali tulisan. Tapi saya hanya ingin mengemukakan bahwa pencarianakan hidup adalah sesuatu yang unlimited dan arasiaonal. Dan jangan didebat. Bisa bengkak saraf otakmu nanti. Kita tidak akan pernah tahu kan arah yang benar. Atau mungkin malah semua arah adalah benar. Atau mungkin kebenaran adalah tidak ada.


Saya berharap bisa bertemu dengan mbak Kiran yang asli. Kalau pun nanti bertemu. Saya hanya akan diam dan memandangnya saja. Dan itu sudah lebih dari cukup. Tanpa alasan. Titik.

Dan memang kenapa dengan pelacur?

[gantung ya? sama]

Minggu, 12 Agustus 2007

Mengapa Seribu Laut?

Saya ambil dari judul lagunya Tori Amos. 1000 oceans. Lagunya adalah lagu yang posesif.

[And I would cry a thousand more, if that what it takes to sail you home...]


Alasan pertama..

Tapi itu yang membuat saya suka lagu ini. Cewek tangguh. Yang akan melakukan apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. hmmm... Saya kurang suka stereotipe wanita di film atau sinetron yang pasif dan mengharapkan sang lelaki untuk menghampiri dan memujanya.

Dan konversikanlah hal itu ke konteks lain. Untuk bisa bilang bahwa kita mau nangis ampe bego (ya iyalah, secara seribu laut) atas sesuatu hal tentunya ga mudah. Sebelum berani bilang, kita harus yakin kan kalo kita emang capable buat nangis segitu banyak. Dan untuk tahu, hal apa yang bisa kita tangisin, kita harus punya mimpi atau tujuannya kan.

Kalau denger lagunya, mungkin akan merasa tersayat-sayat karena nadanya emang miris. Tapi itulah kekuatannya. Dengarkanlah, semoga mengerti maksud saya. Tapi Saya ga berharap banyak si. Saya aneh soalnya.


alasan kedua..

Saya ga tahu sih ada berapa jumlah laut di dunia. Btw, oceans itu baiknya diterjemahkan jadi lautan atau samudera ya? Ya intinya, 1000 lautan/samudera adalah sesuatu yang imajiner, karena ga mungkin sebanyak itu. Yah, saya aga imajiner. Haha,,


Jadi, saya nyatakan gitaditya.blogspot.com resmi saya buka.

Selamat membaca..