Sabtu, 31 Juli 2021

Tahu Berpikir

Bagaimana kita mengajarkan seseorang untuk "tahu berpikir"?

Bagaimana memastikan bahwa gw suda benar-benar "tahu berpikir"?

Banyu dan Bella punya sebuah buku favorit hadiah dari Gea. Buku Dr. Seuss judulnya "Oh, the THINKS you can Think!". Kalau bahasanya mereka : "Aku mau dibacain buku berpikir"! 

Isinya cukup sederhana. Agak susah awal-awal bacain ini karena lumayan abstrak dan dalam bahasa Inggris. Banyu dan Bella sukanya pakai bahasa Indonesia.

Ini salah satu contohnya : 
"You can think about red.
You can think about pink.
You can think up a horse.
Oh, the THINKS you can think!"

Berpikir itu ya semudah itu. Konsep berpikir yang mungkin belum bisa dipahami anak umur 4 dan 2 tahun tapi dengan bahasa gampang  lewat gambar mengajarkan mereka untuk berpikir.

Tapi lalu yang gw pikirin dari semalem adalah gimana caranya gw ngecek anak gw sudah tau cara berpikir secara sadar sehingga merrka mampu mengambil keputusan yang "baik" dan "benar"?

Kapan konsep salah benar, baik buruk sudah tidak bisa dibetulkan lagi? Apakah cara berpikir gw sekarang sudah benar? Atau sudah baik? Kalau benar mungkin terlalu naif ya, karena kebenran itu relatif.

Anyway, berpikir itu kan yang membedakan manusia dengan makluk hidup lainnya, dan kemampuan berpikir juga yang bisa membawa manusia ke tempat, posisi, keadaan apapun yang diinginkan. Jadi harapan gw buat Bob & Bella adalah supaya mereka bisa punya kemampuan untuk berpikir dengan baik, sehingga apapun kesulitan yang dihadapi kelak ketika dewasa, mereka bisa menghadapinya dengan bijak dan semoga pada akhirnya bahagia dengan apapun hasil proses berpikirnam

Berat ya... hahaha.



Tidak ada komentar:

Menulis Itu Penting, Git, Jadi Terus Menulis Ya...

 Postingan pertama di 2024, waktu begulir sangat cepat tiba-tiba sudah masuk penghujung April. Ada banyak yang ingin diceritakan, tapi terla...