Kamis, 18 Juni 2009

semangat TA di PTDI

TA.. TA.. TA.. muak ga sih dengernya?

gw itu sebenernya baru bener-bener dapet feel ngerjain TA baru-baru ini, sekitar 3 minggu yang lalu, pas gw ketemu Bu Widya, pembimbing gw di PTDI.

kok bisa?

intinya sih, dari mulai semester kemaren, pas gw uda ngambil TA 2, gw bener-bener ga dapat motivasi untuk nyelesein TA ini. gw ga ngerasa ada tingkat kepentingan yang mendesak atau sesuatu yang bikin gw ngerasa bangga buat ngebersin TA gw ini...

padahal ya, fasilitas pendukungnya lancar gila.. pembimbingnya Pak Hakim yang ga banyak menuntut tapi selalu ngasih masukan dan referensi yang berharga. Data dari PTDI juga lancar jaya...

cuman ya gangguan di luar sana lebih menggiurkan sih.. ITB Choir, IMG2an, Agam2an, dan juga masalah pribadi gw yang "never been this worse", yang sempet bikin gw down dan berpandangan negatif terhadap segala hal, termasuk kemampuan gw sendiri...

turning pointnya ya ketika akhirnya gw bilang : "Gita, ayo ke PTDI, selesaikan TA-mu"
dan ke PTDI lah gw... bla bla bla, ketemu bu widya..
cerita ini itu... dapet masalah..
terus dia bilang gini...
"Kamu kerjain ini serius, biar bisa diimplementasiin.."
..
"Di sini sedikit orang yang ngerti TI, padahal banyak masalah"
...
" Kamu selesin cepet TA kamu, terus mau ga kerja di sini, di sini banyak masalah yang berhubungan dengan TI. ga usah lama-lama, setahun dua tahun aja, tapi pasti ilmu kamu akan nambah banyak.. cuman gajinya kecil."

..

somehow, habis itu gw tiba-tiba merasa bahwa ternyata TA yang lagi gw kerjain adalah sesuatu yang diharapkan dapat memperbaiki sesuatu, ada orang yang bener2 mengharapkan sesuatu dari gw.. orang yg baru kenal gw dan hanya tahu bahwa gw itu anak TI-ITB. dan ga lucu aja gw kerjainnya maen-maen.

dan yang paling mengganggu gw lagi sih..

GILA ya.. PTDI itu kan pabrik pesawat terbang 1-1nya di Asia Tenggara.. ada di depan mata kita.. laboratorium raksasa.. mustinya juga gudang ilmu terapan yang manstap. pengalaman yang mantap banget ga sih tuh kalo bisa ngelakuin sesuatu di sana?

kemaren gw ke PTDI lagi, dan sempet ngobrol lagi sama Bu Widya.
dan beliau bilang...

"Kamu kalo mau kerja di sini, bukan buat gaji, tapi buat belajar.."

iya sih..
di situ mesin2nya langka.. (secara mesin buat bikiin pesawat terbang)
ada satu meisn yang GEDE banget... sekali beroperasi, ongkosnya sama dengan 2 kijang inova..
wow..
wow..
waktu gw ngeliat mesin itu bekerja, sampe2 gw terdiam, membelalak, merasa gimana gitu..
(i call it 'manufacturing orgasm' hahaha)
maksud gw..
gw 4 tahun di TI, ini lo yang gw pelajarin...
dan semua ada di sini...
lay out, penjadwalan, database, pske, psikologi industri.....
dan..
hello.. gw asisten LSP gitu loh..
kurang LSP apalagi ini??
hahaha...

bukannya harusnya gw dan mahasiswa TI ITB lainnya tergugah ya ngeliat ginian...

ibarat dokter ngeliat orang sakit, masak ga tergugah sedikit pun buat meriksa?


tiba-tiba jiwa akademik gw tergugah loh..
tiba-tiba gw terpacu buat menjawab tantangan nasionalisme ini.
mau ga gw, bener2 ngerjain TA ini untuk bener-bener bisa memperbaiki sistem di PTDI? yang untuk Indonesia juga gitu...

ya itu aja sih gw mau cerita.. hahaha..

yang bikin gw jadi semangat TA adalah, karena gw tahu, setelah TA itu selesai, ada orang yang nungguin hasilnya..
apakah gw sanggup menjawab tantangan ini?
atau apakah hasil pengolahan otak gw menegewakan mereka?
gw ternyata cuma seorang mahasiswa tralala yang buang2 duit rakyat?


ho.....

2 komentar:

cheadhitya mengatakan...

berarti krn skrng udah bulan november,udah beres dunk TA nya yg di PT DI?klo boleh tau gimana hasilnya. saya juga orang TI di ITTELKOM angkatan 06 dan mau menyusun TA. saya pengennya otomasi produksi(ini mah makanannya mesin) ato klo ga ya sistem produksi.

gitaditya mengatakan...

Udah, TA ku udah selesai dan kemaren udah presentasi. ntar aku email aja deh.. bisa ngemail ke mana ya?

7 Tahun Bersama Orang Yang Sama

 Ini postingan telat 6 bulan, tapi ga apa-apa. Usia pernikahan gw sudah masuk 7 tahun. Ga gampang. Dan sejujurnya, sekitar sebulan sebelum u...