Cool - SpaceAstronout (The Milo cover)

Senin, 20 Februari 2012

MBTI Personality Assessment

MBTI itu adalah Myers-Briggs Type Indicator. Salah satu alat yang digunakan untuk mengerti karakter seseorang. Nah, sekarang kan gw lagi ikut training leadership. Salah satu prework nya itu adalah untuk ngambil tes MBTI online. Hasilnya nanti adalah bagaimana karakter kita dipandang dari empat hal. Ada empat dikotominya.


Pertama : Bagaimana kita mendapatkan energi?

Kedua : Bagaimana kita memproses informasi?

Ketiga : bagaimana kita mengambil keputusan?

Keempat : Bagaimana kita menghadapi hidup?



Jadi, hasil akhir dari tes MBTI ini adalah 4 huruf yang mewakili karakter kita di setiap dikotomi di atas ini. Gw ngerjain tes ini awal tahun ini, gw kerjakan dengan serius. Gw pikirin bener-bener setiap pertanyaannya. Tapi hasilnya ga langsung dikasih tahu. Katanya sih mau dikirim via email.


Nah, tadi pas lagi trainingnya, dibahaslah si MBTI ini. Gw baru inget kalo gw belum terima hasil tes onlinenya. Ternyata emang belum dikirim. Sama fasilitatornya, kita semua dijelasin lagi satu persatu setiap dikotomi MBTI ini dan disuruh menentukan kita ada di sudut yang mana saat itu juga. Dari aktifitas itu, hasil gw adalah ESFP . Extraversion, Sensing, Feeling, Perceiving.


ESFP : Outgoing, friendly, and accepting. Exuberant lovers of life, people, and material comforts. Enjoy working with others to make things happen. Bring common sense and a realistic approach to their work and make work fun. Flexible and spontaneous, adapt readily to new people and encironments. Learn best by trying a new skill with other people.



Setelah selesai aktifitas itu, dibagiinlah hasil tes MBTI online yang gw kerjain tempo hari. Pas ngeliat hasilnya gw ngakak. Berdasarkan tes online, gw adalah ISTJ. Introversion, Sensing, Thinking, Judging.


ISTJ: Quiet, serious, earn success by thoroughness and dependability. Practical, matter-of-fact, realistic, and responsible. Decide logically what should be done and work toward it steadily, regardless of distractions. Take pleasure in making everything orderly and organized - their work, their home, their life. Value traditions and loyalty.


Jeng jeng jeng..


Kok bisa beda banget gitu ya. Cuma satu elemen yang sama. Di bagian bagaimana gw mengolah informasi. Sisanya bertolak belakang semua gitu. Kok bisa ya? Kalo kata fasilitatornya, ya emang bisa, MBTI itu menjelaskan kita nyamannya di mana. Sama aja kayak nulis pake tangan kiri dan pake tangan kanan. Dua-duanya bisa kan sebenernya (walaupun yang satu pasti tulisannya jelek), tapi pasti ada satu yang lebih nyaman. MBTI juga gini. Kita bisa aja merasa cocok dengan dekripsi Extraversion dan juga Introversion, tapi pasti ada satu yang lebih nyaman atau lebih natural buat kita.


Hmmm.. Berarti pas gw ngambil tes online, gw nyaman dengan kondisi ISTJ. Nah, pas tadi gw self assesment langsung, gw nyaman dengan kondisi ESFP.


Mari kita ingat-ingat. Satu hal yang yang terjadi di antara gw ketika mengambil tes online dan gw saat ini cuma satu sih. BALI - BANGKOK - SINGAPORE trip!


Hmmm wait.


Gw rasa kalo mau lebih spesifik si ya MUSHROOM! Hahahaha.


Kayaknya efek si mushroom ini masih bisa bikin gw happy sampai sekarang. Gw masih happy, masih ceria, masih santai, pokoknya masih feeling so good. I do enjoy my life. Well, ada beberapa luka batin (ceileee.. luka batiiiin..) yang masih terasa perih di sana sini, tapi herannya udah ga sesakit dulu. Semua kayak berasa lebih indah dan lebih gampang.


Gw juga ga yakin apa yang terjadi sih, tapi perjalanan kali ini kayak membantu gw menemukan diri gw yang dulu. Kalo kata Iqbal sih, si "Kugy" dalam diri gw. Yang bisa ketawa, bisa melihat segala sesuatu dengan santai, bisa damai. Mungkin karena gw merasa udah pernah ketemu sama Tuhan saat lagi jalan-jalan di dunia paralel gara-gara si mushroom ini. Hahahaha.


Kembali ke si MBTI preferences ini. Gw pikir baik si ESFP maupun ISTJ, gw bisa nyaman di kedua karakter itu. Tiba-tiba kepikiran aja nih. Eng ing eng, jangan-jangan gw berkepribadian ganda apa? Hahaha. Ngaco. Bukan itu. Tiba-tiba kepikiran aja bahwa ada penjelasan yang lebih masuk akal >> gw belum benar-benar paham karakter gw. Lebih jelasnya : tidak berkarakter [:


Errr.. Hahaha. Itu kok kayaknya menjelaskan dualisme karakter MBTI gw ya. Hahaha.


But anyway, life is a journey. I'm still on my way, collecting the missing puzzle, defining the life and the universe secret. Hihihi. Sweet disposition lah pokoknya :D

2 komentar:

Topan mengatakan...

ini posting apaan si? ga ngerti deh :p

gitaditya mengatakan...

Eeer.. ini semacam curhat Topan... :| :| :|