Senin, 21 Januari 2013

Re-Organisasi - Pembuka 2013

Tahun 2013 dibuka dengan perkara re-organisasi di tempat kerja. Bahasa gampangnya, pengurangan karyawan.  Sedikit agak aneh. Saya kira di tempat kerja sebesar ini, tidak akan ketemu yang macam begini. Eh, kebalikannya. Hahahaha. Ini tertawa satir.

Suasana kerja jadi tidak kondusif. Demotivated semua. Ya iyalah, gimana sih rasanya kalo dibilang "Role kamu tiga bulan lagi bakal dihapus. Kalau sampai nanti bulan Desember kamu ga dapet role baru di perusahaan ini, kita bakal kasih paket pesangon dengan jumlah fantastis lalala."

Bukan saya sih yang kena, tapi salah satu tim kerja saya. Kalau saya yang kena, wah udah deh. Labil galau sepanjang tahun dan pasti tiap hari bakal menye menye. Tapi rekan saya ini tidak. Dia bingung dan kesal sih, tapi tetap positif. Tetap bersemangat. Tetap mencoba mencari solusi dan jalan tengah terbaik. Tetap berusaha meng-engage teman-teman senasib memikirkan bagaimana strateginya. Wow.

Tapi mungkin itulah orang yang sudah menemukan inner peace-nya ya. Positif dan menenangkan. Dan oleh karena itu saya pun mungkin harus juga mereorganisasi isi kepala saya. Hahaha. Mencoba menemukan inner peace. Tahun lalu saya pikir bisa saya temukan dengan travellin gila-gilaan. Tapi ternyata tetep galau bin mellow. Tahun ini saya mau kembali ke basic. Kembali ke diri sendiri.

Adalah satu teman saya di kantor bilang "Git, lo itu ga sober. Lo itu ga ngejejak di tanah."

Hahaha. Gimana ceritanya ga sober. Awalnya saya ngerasa ini teman saya sotoy bin asbun. Tapi berhari hari kemudian, tepatnya hari ini, saya mulau  ngerti maksud dai tidak menjejak tanah itu. Ketika ada hal yang ga saya suka atau ga sesuai ekspetasi saya, saya lansung menghindar bersikap seolah-olah tidak ada apa-apa. Karena rasanya itu susah banget buat tegar, menghadapi masalahnya, dan dengan besar hati kepala terangkat menyelesaikan satu per satu.

Hari ini, ketika masalah terjadi tepat di depan saya, saya paham betul maksud dari menjejak tanah. Terbuka, menerima dan berani masuk ke dalam benang ruwet dan pelan-pelan mencari ujungnya. Bukannya malah main lempar tangkap benang ruwet warna-warni bernyanyi bahagia tanpa merasa perlu mengurai si benang ruwet itu. Hahaha. Ngerti ga analogi saya barusan?

Tahun 2013 ini bukanlah tahun yang mudah. Dibuka dengan banyak tantangan, saatnya saya diuji. Siap ga saya?

---


Tidak ada komentar:

Menulis Itu Penting, Git, Jadi Terus Menulis Ya...

 Postingan pertama di 2024, waktu begulir sangat cepat tiba-tiba sudah masuk penghujung April. Ada banyak yang ingin diceritakan, tapi terla...