Minggu, 25 April 2021

Akhir Pekan dan Nonton Youtube untuk Banyu Bella

Finally, a weekend where I just can simply stay at home.

Idealnya sabtu minggu kan waktu buat keluarga, bisa main sama Banyu Bella, atau kalau lagi ga ada ide main, bisa nemenin mereka nonton youtube.

Sejak pandemi dan ruang interaksi anak-anak terbatas, pandangan gw soal youtube atau apapun terkait screen time berubah. Tadinya tuh gw anti banget. Malah pernah berantem sama laki gw gara-gara mertua in daily basis ngasi youtube ke Banyu.

Diawali dari mid 2019, ketika Banyu kena difteri dan musti diopname. Nah dia kan musti diem tuh ya, soalnya tangannya diinfus, salah satu cara efektif biar dia ga pecicilan ya emang adalah kasih youtube. Nah dari situ gw tau kalo ada channel yang lumayan efektif kiarena nyeritain soal dirawat di rumah sakit : BabyBus. Jadi pas giliran minum obat atau pas dicabut jarum infus, gw bisa kasih referensi "Iya kan kayak Kiki (nama tokohnya.)

Lalu awal 2020, pas mulai WFH,  gw memutuskan buat toilet training kan. Beberapa channel kayak BabyBus, Bing, CocoMelon, mereka ada episode  soal toilet training. Nah, itu somehow lebih masuk ke anak gw. "Ibu, ini pipisnya kayak Jojo ya (tokoh di Cocomelon). Jadi, setelah itu gw jadi lebih rajin ngulik youtube channel buat anak-anak. Ketemulah StoryBots, NumberBlock. 

Paling berkesan buat gw si Bing Si kelinci. Salah satu episodenya ada yang Bingnya numpahin makanan, terus pengasuhnya yang namanya Flop bilang "Oh Bing.. Tidak apa-apa, ayo kita bereskan.". Auto mewek ya, ini salah satu teori yang sering gw baca di buku parenting tapi buat implementasi susah. Ternyata gw bisa belajar dari Flop!

Terus, dikasih nonton youtbe bukan  berarti mereka bakal kecanduann. Pastiin lo juga perkenalin berbagai macam aktifitas yang bisa dilakuin di rumah selain nonton. Walaupun itu berakibat rumah berantakan, mainan ratusan ribu yang baru dibeli rusak semua, dan lain sebagainya. Karnea ya emang gitu. kalo lagi capek ya wajar mereka pingin goleran nonton TV doang. Kalo bosen juga ntar TV ditinggalin. And we should know the boundaries too ya. Bangun tidur langsung nonton ya ga bagus. Musti makan dulu, mandi dulu, jalanin rutinitas dulu. 

Terakhir : Don't judge other parents way of treating their childer unless it harm the life of the children. Di restoran ada anak yang nonton youtube terus, ya udah biarin aja. Denger anak ngomong campur2 english bahasa, ya uda biarin aja. Liat di ig si A kenapa begini, si B uda bisa begitu, biarin aja. Yang kita lihat cuma secuplik 15 menit dari ribuan menit yang kita ga tau. So no need to comment or judge. I come from the family that easily judge people. Not good, gaes. Ntar hidup lo kerjanya cuma muasin view orang biar ga dijudge wkwkwk (jadi curhat). 

Parenting is hard. Nobody told me this loudly in my younger year. So siapapun yang baca blog ini, gw kasih tau aja ya, jadi orang tua itu SUSAH. Gw ga bilang lo ga usah jadi orang tua, tapi siap-siap aja. It doesnt come naturally. It takes hardwork & effort but still you raise a human being that has their own brain, so no theory will work 100%, you need to use your brain & sharpen your instinct..

Happy Sunday!

Tidak ada komentar:

Menulis Itu Penting, Git, Jadi Terus Menulis Ya...

 Postingan pertama di 2024, waktu begulir sangat cepat tiba-tiba sudah masuk penghujung April. Ada banyak yang ingin diceritakan, tapi terla...