Sabtu, 08 September 2007

Kesempatan baginya untuk bangkit lagi!

Ini soal kasus pemerkosaan yang konon katanya menimpa salah seorang mahasiswa ITB liburan semester lalu. Pelakunya sopir angkot, kebetulan waktu itu mahasiswanya pulang malam dan dapat angkot dengan sopir yang ga bener.

Tapi ini yang gw pikirkan terus menerus. Karena tidak kuat, mahasiswa ini mengundurkan diri dari ITB. Kenapa sih ITB menyetujui pengunduran dirinya? kenapa ga dikasih cuti aja, atau waktu untuk recovery dan tetap menantinya kembali di kampus ketika dia sudah siap?

Bukan salah dia kan kejadian ini terjadi, dan dia seharusnya tidak kehilangan kesempatan belajar di ITB gara-gara itu.. Dia masih bisa punya masa depan kok. Sebagai wanita, gw merasa sedih mendengarnya. Sebagai wanita, kita adalah korban, dan kenapa dalam kasus ini beban mentalnya menjadi berlipat-lipat. Sudah cukup menjadi korban, tapi jangan tambah lagi dengan stigmatisasi berlebihan.

Menyembuhkan trauma memang penting, tapi dengan memberi aura optimisme, seperti pintu selebar2nya untuk kuliah dan men encourage dia untuk tetap kuliah, gw pikir itu akan membantu. Dengan menerima pengunduran dirinya, berarti secara ga langsung sama saja membiarkan dia menyerah. Gw ga terima aja..

Perkosaan adalah kasus berat, tapi bukan berarti tidak ada kesempatan untuk bangkit lagi kan??

Untuk kamu, siapa pun kamu, gw ga tahu. Tapi gw berdoa semoga lo tegar dan bisa handle semuanya. Banyak juga kok tokoh2 cewek macho, sukses dan terkenal yang juga mengalami pelecehan seksual. Tapi ternyata kejadian itu ga menghancurkan mereka sampai jatuh berantakan kan?? Merek abisa bangkit lagi, mereka bisa menata hidup lagi.

Ya, bisa bangkit lagi kok..!

Tidak ada komentar:

7 Tahun Bersama Orang Yang Sama

 Ini postingan telat 6 bulan, tapi ga apa-apa. Usia pernikahan gw sudah masuk 7 tahun. Ga gampang. Dan sejujurnya, sekitar sebulan sebelum u...