Cool - SpaceAstronout (The Milo cover)

Senin, 14 Juli 2008

biopori - tanggung jawab orang yang tinggal di apartemen?

Biopori artinya bagian tanah yang berisi udara, terbentuk karena aktifitas organisme tanah. Biopori buatan adalah lubang-lubang kecil buatan di tanah dengan diamter kira2 10cm dan kedalaman 85-100cm. Lubang-lubang ini berguna untuk meningkatkan penyerapan air ke dalam tanah. Dampak dari biopori ini antara lain mencegah banjir, menyuburkan tanah, sarana membuat kompos, dan yang terpenting meningkatkan -persediaan air tanah. Kalo mau liat contohnya, coba aja ke blok M. Di saming Blok M Plaza kan ada taman tuh. di sana ada bioporinya...

Apartemen gw itu di belakangnya masih perumahan yang sering banjir... Daerah menteng atas. Sebelum jadi apartemen, tanah tempat apartemen gw itu perumahn juga. Waktu ayah memberikan penjelasan ke orang2 menteng atas dalam rangka kegiatan peduli lingkungan gereja, ada yang bilang gini:

"Kenapa kita yang disuruh bikin lubang beginian? Kan yang bikin ngurangin daerah resapan aer dan make tanah gedung2 tinggi. Yang banyak make aer juga orang2 yang tinggal di gedung, apalgi itu tuh, apartemen.."

Oh man,,, waau ga semuanya, he's so damn right!!!!! Semua orang bisa melihat kan, betapa pertambahan gedung2 di jakarta begitu menggila dan membuat ruang resapan air berkurang. Persediaan air tanah apalagi. Lapangan golf depan apartemen gw dulu, akan menjadi bakrie tower. Tanah kosong di depan mal ambasdor juga mau jadi mall dan apartemen... Dan dampak lingkungan itu dirasakan oleh orang2 yang tinggal di sekitarnya. Polusi, krisis air...

Harusnya semua orang yang tinggal di apartemen punya satu lubang biopori yak... Sayang pengelola partemen ga memungkinkan begituan... hiks..

Tidak ada komentar: