Jumat, 06 Juli 2012

Another fun day at #4 - Capetown - Part 7

Day 7 : More FUN!

Bangun pagi di benua Afrika hari ke tujuh. Rasanya masih tidak percaya. Hahaha. Pagi itu saya bangun cukup siang karena tidur paling akhir malam sebelumnya. Waktu saya bangun, Benny sudah lari pagi. Pagi itu kami bersantai-santai. Mandi, lalu sarapan di cafetaria bawah.

Nama cafetaria nya itu "KOS". Pas check di trip advisor, termasuk salah satu tempat makan yang lagi happening loh di Sea Point. Hahaha. Suasananya rumahan, makanannya lumayan lah. Kita bertiga selalu mesen menu yang sama selama tiga hari di sana soalnya, jadi kurang mengexplore menu menu lain selain menu sarapan. Hahaha.

Jam sepuluh kita berangkat menjemput Agung ke Westin. Rencana hari ini adalah pergi ke Castle of Good Hope, setelah itu menjemput mba Dina , lalu kita lanjut ke Cape of Good Hope!

Castle of Good Hope

Pertama  sampai di Castle of Good Hope, yang paling mencolok buat saya adalah bendera yang berkibar di atas dinding benteng kastil ini.

Jadi itu kan ada enam bendera, Saya berasumsi bahwa itu adalah urutan pemerintahan di Afrika Selatan. Awalnya dijajah Belanda, terus Inggris, terus Belanda lagi, terus Inggris lagi, sampai akhirnya merdeka sebagi Afrika Selatan. Hahaha.

Yippie! Ternyata hari itu, 25 May 2012, adalah hari Museum Internasional. Oleh karena itu, kita berempat tidak perlu bayar tiket untuk masuk ke Castle of Good Hopeini.

Waktu pertama kali masuk ke dalam, yang paling mencolok itu adalah ada kuda gede banget di halaman kastilnya. Gede banget. Terus bulunya lembut.

Kastil ini dulu adalah pusat pemerintahan kota Capetown. Dibangun di masa penjajahan Belanda, entah tahun berapa, hahaha, gedung ini masih dipakai buat beberapa kegiatan pemerintahan. Sebagian dijadikan museum, sebagian lagi bisa disewa untuk pameran, atau acara-acara lain seperti gathering dinner.

Seperti peraturan museum pada umumnya, kita ga boleh ambil foto di dalam situ. Yang paling gw kagumi kalo pergi ke museum-museum gitu adalah kalau ada peta-peta jaman dahulu. Oiya, karena pernah dijajah Belanda juga, di dalam museumnya ada beberapa barang dengan label VOC. Oiya, satu lagi yang menarik di area kastil ini adalah ada jam mataharinya.

Kita beruntung, karena tepat jam dua belas, ada upacara pergantian petgas penjaga kastil. Seru loh, jadi di akhir seremoni, pasukan ini menembakan semacam mesiu dari sebuah meriam kecil seukuran botol aqua satu liter. Kecil sih, tapi suaranya manstap. Kenceng bikin kaget seRT.

Setelah menyaksikan prosesi pertukaran penjaga, seharusnya kita jemput mba Dina untuk lanjut ke Cape of Good Hope. Tapi ternyata mba Dina masih ada kerjaan. Agenda pun dirubah. Hari ini kita belanja oleh oleh. Cape of Good Hope dipindah ke besok.

V&A Waterfront

Dari Castle of Good Hope, kita langsung menuju ke V&A Waterfront. Ada dua agenda penting : makan siang dan cari oleh-oleh. Berhubung waktu sudah menunjukan pukul satu lewat, kita memutuskan untuk cari makan dulu. Setelah keliling kiri dan kanan, muter sana muter sini, pilihan jatuh ke Quay Four.

Quay Four adalah restoran yang cukup menyenangkan. Ada indoor dan outdoornya, terus di sana banyak burung-burungnya juga. Jadi mereka makanin rempah-rempah kecil dari makanan kita.

Selesai makan, kita belanja. belanja, belanja, belanja. Hahahaha. Saya membeli baju, magnet, gantungan kunci, tas. Habis cukup banyak, tapi barang-barangnya cukup banyak. Belakangan baru tahu, kalau mau cari oleh-oleh harga murah, jangan di waterfront, tapi di tempat lain yang saya lupa namanya apa. Hahaha. Semacam pasar gitu, tapi cuma ada sampai jam dua siang..

Salah satu kejadian unik adalah pas kita lagi belanja belanja gitu tiba-tiba ada orang nyamperin. "Mas, dari Indonesia ya?" Hahahaha. Kita ketemua sama satu orang Indonesia. Dia lagi ikut training Navy Perancis, dan kapalnya lagi singgih di Capetown. That's cool! Kita sempat tukar pin BBM, tapi karena BB saya hilang, saya lupa siapa nama si mas ini. Anggap saja si mas Navy. Kita ngobrol cukup lama sama si mas navy ini. Seru banget hidupnya. Sebelum dari Capetown dia baru dari Paris, dan setelah dari Capetown dia mau ke Rio! Aaaaaaa. Envy to the max!

Habis belanja kita sempat jalan-jalan keliling kiri kanan dulu. Menikmati Waterfront karena kita ga bakal ke sana lagi. Hiks..

Setelah puas belanja-belanja. Kita pulang ke Westin, jemput mbak Dina. Lalu pergi balik ke Amalfi, browsing cari tempat makan, terus pergi makan malam. Padat ya jadwal kami. Hahahah.

Pencarian lokasi makan malam kali ini agak sedikit lebih ribet karena kita pingin makan di tempat yang happening di Capetown dong. Dalam perjalanan ini, saya memang punya tugas untuk mencari tempat makan berdasarkan informasi di internet. Biasanya saya cari di tripadvisor.com atau ke mydestination.com/
Lima hari di sini, saya belajar bahwa hampir semua restoran yang kami kunjungi selalu memberikan pelayanan yang memuaskan dan semua masakannya enak. Jadi tidak usah takut pergi ke sembarang restoran dan makanan ga enak, jamin pasti enak.

Malam ini pilihan jatuh ke Cascades on the Promenade, di daerah Sea Point, dekat dengan hotel kita.

Cascades on the Promenade

Cascades on the Promenade sebenarnya adalah bagian dari hotel the Promenade. Malam itu tampaknya cuma kami satu-satunya tamu di restoran itu. Suhu di kota Capetown saat itu sedang dingin-dinginnya. Kita memilih duduk di dalam. Malam itu kita makan enak seperti biasa. Ada babinya. Hahahaha.

Kalo di gambar, yang paling kanan itu babinya. Enak deh. Hahaha. Itu yang paling saya inget.

Setelah makan, kita janjian buat ketemu temen kita yang lain lagi. Tempat pertemuan disepakati. The Power and The Glory.

The Power and The Glory

Jadi ini semacam kafe gitu. Karena itu malam sabtu, rame banget. Ada bartender cewek yang OK banget, suka ngeliat gayanya. Semua bartendernya cewek lo ngomong-ngomong. Musiknya OK, tapi buat nyari tempat duduk agak susah.

Nah, di situ kan bulenya tinggi-tinggi ya. Susah banget lo mesen di situ. Harus jinjit-jinjit. Hahahaha. Harga minuman tetap murah. Tapi saya lebih suka tempat yang kami datangi malam sebelumnya sih.

Overall, hari ini kita semua happy. Good food, nice shopping, ditutup dengan cool behave hangout. Hahaha.
Kita ga pulang terlalu malam karena besok pagi seharian, kita mendedikasikan waktu untuk Cape of Good Hope. Dan kali ini full team, mba Dina sudah free dari kerjaan kantornya. So excited :)