Senin, 27 Mei 2013

Nasihat yang Baik dari Melancholic Bitch



Susi ingin tidur
Susi lelah bermain seharian
Susi terlalu lelah jalan-jalan
Terlalu lelah

Ini salah satu lagu kesukaan saya dari band Melancholic Bitch. Judulnya "Nasihat yang Baik", isinya lagu 'nina bobo' dari Joni untuk Susi. Nasihat untuk tidur. Aneh, saya kurang begitu paham maksudnya apa sampai tadi sore.

Mundur sedikit. Jadi kemarin malam saya baru pulang dari Semarang naik kereta api. Dengan AC yang dingin dan posisi tidur yang kurang nyaman, saya bangun pagi ini dengan kepala berat. Masuk kantor saya ga bisa konsentrasi mengerjakan apa pun. Pulang jam setengah tujuh dari kantor, macetnya luar biasa. Saya sungguh merasa sangat lelah. Ingin memberi badan ini sedikit istirahat tapi melihat agneda seminggu ke depan rasa-rasanya tidak mungkin. Ada banyak yang harus dikerjakan. Lagipula rasanya malu mengeluh letih lesu ini itu ketika saya melihat tukang gerobak sedang menarik gerobak melawan arus di tengah gerimis macetnya jalan Tendean. Lelahnya saya ini apalah artinya dibandingkan dia. Tiiba-tiba di kepala saya mengalun lagu ini.

Terlalu lelah
Maka tidurlah
Terlalu lelah
Maka tidurlah

Sering dinasihati untuk tidur? Dari kecil. Mama pasti menyuruh tidur kalau sudah jam setengah sembilan supaya besok bisa bangun pagi. Lalu nasihat untuk tidur perlahan berkurang ketika kita beranjak dewasa. Yang saya ingat paling ketika kuliah. Pas ngerjain tugas kelompok yang sampai harus begadang, tak segan saya menyuruh teman saya tidur dulu kalau sudah capek. Dan sekarang, siapa lagi yang menyuruh saya tidur? Kalau capek tapi masih ada kerjaan ya harus dikerjakan. Kalau di kantor ngantuk setengah mati setelah makan siang ya harus ditahan. 

sepotong musik untuk cemasmu
sepotong musik untuk resahmu
sepotong musik untuk sedihmu
sepotong musik untuk malammu

Jadi kalau ada yang menyuruh tidur di masa-masa seperti ini, sungguhlah itu sebuah nasihat yang baik. Nasihat tidah harus dituruti, tapi sungguh itu sangat baik. Di antara segala masalah hidup dari yang ga penting sampai yang sangat sangat sangat tidak penting, mungkin tidur memang adalah hal terbaik yang harus dilakukan. Memberi kesempatan untuk mata beristirahat sejenak. Badan ini butuh waktu rileks sehari dua hari. Terdengar sederhana tapi sudah beberapa minggu ini saya tidak tidur siang dengan santai dan nyaman. Hahahaha. Bahkan malam pulang dari kantor di jam-jam seperti ini saya tidak bisa tidur. Padahal sepanjang jalan waktu nyetir bawaannya capek dan ngantuk luar biasa..

waktu yang lelah
maka tidurlah
terlalu lelah
maka tidurlah

Saya merasa lelah. Tapi rasanya belum terlalu lelah. Masih ada segumpal energi di kepala saya yang meloncat-loncat minta dikeluarkan. Tapi entah untuk apa. Mungkin untuk mulai menulis fiksi lagi, atau naik gunung, atau diving, atau latihan lari, atau belajar nyanyi lagi, atau mulai lebih serius dikit dengan beberapa ide-ide tentang kebaikan yang bisa dituangkan jadi aksi nyata, atau untuk clubbing atau ngemushrooom? Hahaha. Saya tidak tahu. Setelah melakukan semuanya yang tadi saya sebutkan, kalau pun bisa, apakah ada jaminan rasa kosong itu tidak ada lagi?

Entahlah, saya mulai merasa bahwa saya terbiasa sudah hidup bersama dengan rasa hampa. Ketika akhirnya saya merasa bahagia, saya melebarkan lagi ruang di hati saya sehingga kehampaan terjadi lagi. Begitu mungkin seterusnya. Contohnya ya kayak tahun ini. Setelah semua keriaan dan kebahagiaan di tahun 2012, saya tetap merasa hampa dan tahun ini entah mengapa walau melelahkan dan sedikit menyakitkan saya merasa sedikit lebih baik. Merasa 'sakit' dan 'pedih' itu jadi semacam kebutuhan. Kebutuhan supaya diri saya menjadi lebih tegar dan kuat. Jadi saya merasa lebih baik karena saya tetap bisa hahaha hihihi walaupun di dalam sebenarnya hampa. Jadi kayak semacam pembuktian bahwa saya bisa mengatasi ini semua, Gitu deh pokoknya. Hahaha, Ini tulisan kenapa jadi gelap begini. 

Mungkin sebaiknya sekarang saya tidur.

tidurlah Susi
tidur
tidur
tidurlah Susi
tidur
tidur..

Tidak ada komentar:

7 Tahun Bersama Orang Yang Sama

 Ini postingan telat 6 bulan, tapi ga apa-apa. Usia pernikahan gw sudah masuk 7 tahun. Ga gampang. Dan sejujurnya, sekitar sebulan sebelum u...