Cool - SpaceAstronout (The Milo cover)

Jumat, 30 Oktober 2009

Gaudeamus Igitur

ada yang tahu lagu ini?

waktu wisuda kemarin, ayah saya aga kecewa karena lagu ini tidak dinyanyikan. konon katanya, jaman dulu, kalo kita sekolah sampe perguruan tinggi, kudu musti wajib tahu lagu ini.
sebenarnya dinyanyikan, tapi udah ketutup ama pengumuman LFMlah, pengumuman protokolerlah.

sebagai anggota paduan suara, saya sangat senang dengan lagu ini. karena lirik lagunya bagus.
selain itu, setau saya, di institusi pendidikan manapun di seluruh dunia, lagu ini menjadi sebuah pemersatu sesama insan manusia berpendidikan.

nih saya kasih lagunya dari youtube, plus liriknya :)




Gaudeamus igitur,
Juvenes dum sumus;
Post icundum iuventutem,
Post molestam senectutem
Nos habebit humus.

Vivat academia,
Vivant professores,
Vivat membrum quodlibet,
Vivat membra quaelibet;
Semper sint in flore!

Pereat tristitia,
Pereant osores.
Pereat diabolus,
Quivis antiburschius
Atque irrisores!

Vivat et republica
Et qui illam regit.
Vivat nostra civitas,
Maecenatum caritas
Quae nos hic protegit.


artinya seperti ini:

Let us therefore rejoice,
While we are young;
After our youth,
After a troublesome old age
The ground will hold us.


Long live the university,
Long live the teachers,
Long live each male student,
Long live each female student;
May they always flourish!

Long live the state
And those who rule it.
Long live our city,
And the charity of benefactors
Which protects us here.

Perish sadness,
Perish haters.
Perish the devil,
Whoever is against the student fraternity,
As well those who mock us!


ada 10 bait sebenernya, tapi kalo yang di IT, biasanya dinyanyiin 2 bait pertama aja.
bagaimana? mantap tidak liriknya.
payah ya protokoler ITB ga ngerti filosofis lagu ini..
moga-moga rektor baru nanti membuat kebijakan untuk menyanyikan lagu ini setiap sidang terbuka. :)
ada pemikiran gw yang lebih dalam lagi sih soal ini, tapi gw tulis ntar aja ya..
ini dulu lah.. :)

2 komentar:

hengki mengatakan...

bagus banget liriknya git.. :D

btw, selamat yaaa.. selamat bergabung.. :D

pangawitan mengatakan...

iya sayang banget,
oktober tahun kemaren juga gak ada,
padahal filosofis nya bagus,

anyway bait kelimanya bagus ,hihihi
"Vivant omnes virgines
Faciles, formosae"

-mari bersenang-senang selagi masih muda-