Cool - SpaceAstronout (The Milo cover)

Senin, 30 November 2009

me and my choir :D

kapankah pertama saya mennyanyi dalam sebuah paduan suara??

dalam tulisan kali ini, gw akan mendata jatuh bangunnya gw sebagai seorang chorister :D

1. Waktu masih TK kecil di Regina Pacis Bogor, gw ikut lomba paduan suara anak Dendang Kencana. Kia bawain lagu judulnya "Aku sayang ibu" sama " Bermain alat musik". Di situlah pertama kali gw mengenal terminologi "suara bulet". Kan kalah tuh, gw inget guru gw bilang "Tadi nyanyinya ga bulet sih, jadinya kalah deh.." And I do believe that!!

2. Waktu SD di Jambi, nyokap gw ikut paduan suara wilayah gereja. Ada satu kata-kata nyokap gw yang begitu berkenan di hati gw ketika malam natal. "Kalo pas malam natal/paskah kita tugas paduan suara, rasanya pasti beda, kayak dapat anugrah." Dan gw sangat percaya itu. Yang ada di bayangan gw waktu itu, pasti rasanya kayak nyanyi sambil terbang pake sayap. :D

3. Waktu SD di Medan, gw iktu paduan suara kelas 5. pembimbingnya namanya Suster Alfonsa. Waktu itu kita ngisi misa natal dengan lagi berjudul "Whispering Hope" satu suara :D. Btw, waktu kelas 6 gw inget sempet ikut lomba paduan suara tingkat SD menyanyikan lagu "Hymne Kota medan".

4. Di rentang SD - SMP, gw sempet bergabung dengan sebuah grup yang menyenangkan bernama "Divina Sonora". Di sini untuk pertama kalinya gw diajarin nyanyi yang bener. Dengan pemanasan bla bla bla, latihan teknik.. Lagu andalan kita adalah "Panis Anjelikus". Hafal mati deh sama lagu ini.. Hahahaha. Kelompok ini kelompok kecil. Tapi sangat menyenangkan. Kita sama-sama suka msuik, terus kita punya buku yang isinya lirik2 lagu bagus, dan kita bikin polling lagu juga aja gitu tiap bulan. Haha.. Kita menamakan diri MoMo.. Kok gw lupa ya kepanjangan dari apa.. :(( Sayang, gw keburu pindah ke Jakarta. Padahal uda mau rekaman loh.. :(

5. Selama di Jakarta, gw gabung dengan paduan suara wilarah gereja gw, namanya Glorifican :D. Ada kaosnya loh.. Hehehe.. Salah datu momen terbaik gw bersama Glorifican adalah waktu ngisi festival paduan suara gereja dengan lagu Whitney yang "One Moment in Time". Keren deh :D:D

6. Kalo di SMA, gw sempet gabung di Gita Suara 8, paduan suaranya SMAN 8. Tapi gw ga pernah tampil, karena ga fokus dan kerjanya sakit tenggorokan. Hahaha.. Lagu paling membekas yang pernah gw pelajari di sini adalah "Sabda Alam" dan Hymne 8 tentunya.. Hahaha..

7. Selain itu, gw juga pernah gabung di PS Thomas Aquinas. Ini Paduan suara yang dibentuk perkumpulan murid2 Katolik di SMAN 8 (Rokat). Jadi PS ini sempat ngisi misa di Paroki matraman loh.. :D:D Frater yang ngelatihnya OK banget. Referensi lagunya bagus-bagus. Ada 1 lagu paling dasyat judulnya "Halleluya". Tapi karena dulu masih bego, gw ga ngafalin itu ransemen siapa.. Padahal OK :(( O iya, di tahap inilah gw bercita-cita punya suami yang bisa nyanyi biar bisa duet lag "Berkatilah" pas sakramen pernikahan gw.. hahahaha :p

8. Finally, masuklah gw ke ITB dan bergabung di Paduan Suara Mahasiswa ITB. Inilah Paduan Suara yang MERUBAH HIDUP GW!!! Banyak sekali pelajaran dan pengalaman yang gw dapatkan di sini. Terlalu banyak momen-momen indah. hua... Kalo sekarang gw masih terus senang bernyanyi, itu karena PSM ITB, yang ngajarin gw esensi dari bernyanyi. Bukan sekedar show off, tapi lebih ke gaya hidup.. hahaha.. Di sini juga gw belajar buat ga sombong, belajar buat lebih banyak mendengarkan, dan terutama belajar menghargai hidup!!!
Bersama PSM ITB, gw balajar berbagai macam lagu, mulai dari yang protokoler2an sampai lagu gelo macam "Water". Menyanyi di tempat yang aneh2 dari yang sempit apa yang segede lapangan bola.. :) Gw juga merasakan hebohnya jadi panitia Festival Paduan Suara, dan berjuang sampai titik darah penghabisan buat lomba ke Italy Juli 2009 kemaren...
Gila-gilaan deh.

9. Selain keluarga besar paduan suara PSM ITB yang begitu menyenangkan, gw juga punya angkatan PSM 2005 yang GOKIL abis. Hua.. mereka-mereka inilah yang bikin gw tetap di PSM ITB walaupun badai topan menghalang :D:D. Gw sayang banget sama PSM 2005. Yang paling asik adalah, kita sama2 FREAK. Maksudnya, kalo lagi bareng2 di tempat umum, kita ga pernah malu2 buat nyanyi 4 suara aja gitu.. Hahaha... Di penghujung tingkat 4 yang lalu, angkatan gw ini menyatakan diri membentuk choir 2005 (saking banyak dan selalu rame, PSM 2005 bisa bikin chamber choir sendiri aja gitu.. wakakakak..). Namanya Madevin Choir aka MC. Madevin artinya "cerdas", itu bahasa san sekerta. Maksud pemilihan nama ini, selain karena bagaimanapun juga kami memang (harusnya) orang2 cerdas, tapi juga untuk memudahkan untuk disebutkan (??). Jadi kalo di masa depan ada orang nanya: "Eh, mau ke mana lo?". Maka, kita akan jawab: "Nge-MC dolo lah..." Hahaha..

10. Gw akhirnya lulus dan stay di Jakarta. Ya sekarang ini. Gw ikutan di paduan suara gereja bernama Cantate Domino. Kita akan tugas malam natal ini. Gw bener2 excited banget.. Lihat poin nomor 2. Gw masih percaya dengan efek magic buat sebuah choir dalam misa malam natal. Gw berharap, semua berjalan dengan lancar. Kalo nyanyinya dari hati, pasti lancar jaya lah ya :D:D

11. Lingkungan tempat tinggal gw juga punya ibu2 yang sangat tertarik dalam hal tarik suara. Kita membentuk koor lingkungan. Kayak female choir gitu soalnya isinya ibu-ibu semua. Lagu-lagunya emang bukan lagu2 susah. Tapi gabung di kelompok ini selalu mengingatkan gw akan arti dari menyanyi yang sebenernya. Bukan masalah merdua atau enggak, bagus atau enggak, tapi niat kita untuk bernyanyi. Dalam kelompok ini, ya memuji Tuhan :D

12. Yang terbaru, gw diajak join di sebuah kelompok paduan suara kecil yang bernama "Magna Cantifica". Orangnya cuma dikit, tapi gokil2 semua.. Lucunya, mereka juga selalu menyebut diri "MC. Jadi MC versi 2 lah ( lihat poin no 9 deh). Gabung di PS ini lumayan bisa ngobatin rasa kangen ke anak2 MC versi 1, hahaha, juga cukup menantang karena orang-orangnya ok dan kejar tayang gila2an. Nyanyi besok, partiturnya bisa baru dikirim via email hari ini.. High tech lah kelompok ini. Semoga sih bisa nambah ilmu dari sini.

***

Begitulah perjalanan dunia kepaduan suaraan gw..

Kenapa gw nulis ini? Hmm sebenernya karena hari ini tiba-tiba gw ngerasa BOSAN bernyanyi... Rasanya kosong banget.. Tapi kemudian gw inget-inget kenapa gw bisa-bisanya suka bernyanyi. Bagaimana menyenangkannya bernyanyi bersama-sama. Makanya gw tulis aja sekalian setiap hal2 manis yang gw alami di semua kelompok bernyanyi gw, supaya kalau tiba-tiba rasa kosong dateng, gw tinggal baca ulang ini lagi dan jadi semangat lagi.

I'm not a good chorister with beautiful voice, but the most important think is that I love singing, and I've done it for years, and I wil always love singing :D

just a digital memory.. hahaha..

Sekalian ucapan terimakasih gw buat semua teman-teman yang pernah bernyanyi bersama-sama dengan gw. Thank you for sharing happiness and joy through our voices :)

happy singing then :D

Tidak ada komentar: