Rabu, 05 Januari 2022

Diet

 Hari 5 dari 30 hari menulis.

Tidak ada sesuatu yang abadi termasuk metabolisme tubuh. Gw waktu kecil labelnya adalah anak kurus, susah makan, ga bisa gendut. Sehingga kayaknya tertanam di alam bawah sadar gw, bahwa gw dasarnya memang kurus dan ga bisa gendut.

Tapi nyatanya gw bisa gendut juga. Dan seperti layaknya perempuan pada umumnya, gw pingin dibilang kurus dan cantik, sehingga ketika umur 25an, gw mulai mencoba-coba berbagai macam diet. Sampai sekarang. Hahaha.

Diet Mayo

Yang paling epic adalah nyobain diet mayo dan berhasil kelar loh. Diet mayo ini diet menyiksa, 13 hari ga boleh makan garam. Hahaha. Memang habis itu berat badannya turun dan jadi kurus. Tapi... proses 13 hari ini ya ampun menyiksa banget.

Pagi-pagi cuma bisa minum secangkir teh dan satu lembar roti gandum. Terus snack siang buah, terus makan siang yang ga terlalu enak, terus snack sore buah juga, lalu makan malam ga terlalu enak juga. Efek sampingnya, karena energi masuk berkurang drastis, ya udah pasti asupan gizi ke otak kan berkurang ya, jadi gw lemot dan kayaknya gampang marah-marah. Boss gw waktu itu sampe bilang gini "You are not a celebrity or model, I don't need you to be skinny, I need you to use your brain. Stop that f*king diet!" Hahaha. Tapi selain diet mayo, di masa-masa itu gw juga masih rajin lari dan ngegym, jadi ya bisa dibilang badan gw ideal karena kombinasi ke-2nya. 

Take away gw dari diet mayo ini juga adalah bahwa makanan Indonesia itu enak banget ya. Jadi setelah diet mayo ini, gw jadi lebih mengapresiasi masakan dan makanan dari manapun itu. Akibatnya, ya jadi tambah demen makan, hahaha. 

Diet Thai ala Gw

Nah diet berikutnya yang gw lakukan dan sepertinya cukup berhasil itu adalah diet pas waktu gw di Bangkok. Pas nyampe Bangkok BB gw 54 kg, pulang dari bangkok 49 kg. Yang gw lakukan waktu itu adalah gw berhenti makan nasi sama sekali, perbanyak makan buah dan pas weekend makan siang atau makan malamnya gw ganti jadi som tam - papaya salad

Menurut gw, faktor bangkok ini berperan penting mendukung kesuksesan diet gw. Pertama, rata-rata jenis makanan di sana itu makanan yang dimasaknya begitu kita pesan, jadi lebih fresh. . Kedua, buah itu banyak dan gampang banget dicari. harganya juga murah, cuma 10ribuan uda dapet sekantong besar nanas atau pepaya. Ketiga, di sana olahraga juga gampang banget. Gw di sana seminggu 3 kali lari 5K dan juga banyak jalan kaki. Jadi ya udahlah gampang kurusnya kan.

Diet Herbalife

 Pas  hamil, selera makan gw lumayan menggila ya, jadilah hamil pertama BB gw nambah 20kg. Habis lahiran anak pertama, berat badan gw mentok di 60 kg, Nah ada satu teman gereja yang nawarin buat jadi coach diet dilengkapi dengan produk herbalife. Gw iyain

Diet herbalife ini awal-awal agak berat di gw. Pagi milkshae buah, snack pagi buah, siang makan dibatesin, ga boleh gorengan dan minim bumbu, sore snack, malam tadinya milkshake buah, tapi karena gwnya ga kuat, makan jadi boleh makan biasa dibatesin kayak makan siang.

Selama proses diet ini, gw happy happy ga happy sih, karena lumayan effort ya nyiapin makannya. Dan kayaknya gw juga jadi gampang marah-marah hahaha. Namun demikian hasilnya cukup efektif, gw turun ke 56kg dalam selang waktu ga nyampe 6 minggu. Tapiii.. jadinya gw subur hahaha. Ga lama kemudian gw hamil Bella. Memang kata beberapa orang, diet herbalife ini bisa bantu meningkatkan kesuburan. Kelar lahiran Bella, gw ditawarin lagi buat lanjut diet ini. Tapi ga gw lanjut karnea mahal juga ni si paketan herbalife ini hahaha.


Diet Minyak / Gorengan

Setelah Bella lahir, pas masuk kerja lagi berat badan gw tuh 56 kg. Tapi karena somehow pas Bella ASI gw banyak, makan gw juga banyak, end up di akhir tahun 2020 berat badan gw sampai di 64 kg! Ini BB gw yang paling berat. Semua baju sempit. Jadilah akhirnya gw memutuskan di awal 2021 gw harus berbenah. Karena ga mau lagi ikut herbalife, gw akhirnya memilih untuk cut semua gorengan, dan mulai olahraga tipis2 pake apps.

Untuk makan, siang dan malam gw cuma makan rebus2an. Kentang, brokoli, wortel, bayam, kadang sama telur, kadan sama daging. Olahraganya gw pake apps Plank, jadi tiap malam gw planking gitu. Nah dimulai di Januari 2021, di April BB gw akhirnya balik ke 56 kg. Lalu yang akhirnya bikin gw berhenti diet gorengan ini adalah karena gw merasa jadi gampang sakit. Capek dikit, sakit. Begadang dikit sakit. Mana setelah itu berapa kali gw kontak erat sama orang yang positif Covid, akhirnya di bulan Juni gw balik ke pola makan normal

Tidak cuma balik ke makan normal, pas bulan September, gw tetiba ngide bikin konten IG live makan. Jadi ya seperti yang sudah diduga, olahraga males-malesan, kerjanya makan mulu, gorengan lanjut lagi. Di awal Desember BB gw sudah di 62 kg.


Diet 2022

Karena gw benci banget ngeliat foto-foto gw selama Q4 2022 yang mukanya bulet dan badannya gendut, gw bertekad buat balik lagi ke 50kg di taun 2022. Supaya caranya bener, maka gw olahraga dan jaga makan. Yang olahraga kan gw uda cerita tuh di postingan soal jalan pagi. Kalau untuk makan, daripada otoy ya gw ke dokter gizi aja.

Nah setelah konsul ke dokter gigi, gw dikasih panduan makan. Mirip-mirip sama herbal life jam makannya, gw harus cut semua karbo olahan : roti, pasta, mie. Karbo terbaik ya nasi. Plus gw harus jalan kaki  30 menit tiap pagi.

Awal emang aga berat, tapi ga seberat pas diet mayo atau herbal life si. ini uda jalan 2 minggu, BB gw uda turun 1 kg. Belajar dari diet-dite gw sebelumnya, yang petning itu bukan fokus BB, tapi lebih untuk ngebentuk kebiasaan. Kebiasaan olahraga dan kebiasaan jajan makan. Progress memang lebih lambat, tapi gw kayaknya perlu untuk ngebentuk lagi kebugaran dan memperbaiki metabolisme tubuh gw.


Wow panjang sekali cerita gw hari ini. Ya itulah soal diet-dietan ini. Semoga gw diberi ketegaran untuk bisa kembali ke 50 kg lagi ya gaezzz. AMIN












Tidak ada komentar:

Menulis Itu Penting, Git, Jadi Terus Menulis Ya...

 Postingan pertama di 2024, waktu begulir sangat cepat tiba-tiba sudah masuk penghujung April. Ada banyak yang ingin diceritakan, tapi terla...