Senin, 03 Januari 2022

Sepatu dan Selera Fashion

 Hari 3 dari 30 hari menulis

Salah satu kelemahan gw adalah selera berpakaian gw yang agak menyedihkan. Entah ini kelemahan entah ini kekuatan ya. Dari kecil nyokap gw ga branded oriented, jadi sampai kerja pun gw ga ngerti soal brand-brand ini. Ga ngerti mana barang mahal, mana barang mahal banget, ngertinya azas manfaat aja. Ngapain spending jutaan buat tas atau jam tangan. Jadi ya intinya udahlah gw ga ngerti brand, ga ngeri fashion juga. Kalau liat foto-foto jaman smp sma kuliah ya agak menyedihkan sih, tapi fun. Maksudnya ya di kala itu teman-teman dan lingkungan ga menyoalkan perkara penampilan atau fashion.

Namun walau demikian, salah satu yang hal yang gw sudah punya prinsip sedari SMA adalah perkara sepatu. Walau ga mampu beli sepatu mahal-mahal tapi seinget gw dari jaman SMA perkara sepatu ini cukup penting. Harus ada sepatu buat sekolah, buat olahraga, buat ke gereja, buat main, buat jalan. Gw tau model sepatu yang gw suka dan gw mau kayak apa.

Pas kuliah, kehedonan gw ya adalah sepatu. Pas kerja juga sepatu. Tapi hedon di sini bukan berarti tiap minggu beli sepatu ya. Gw itu tipenya kalau beli sepatu dalam satu waktu bisa banyak, lalu habis itu ya ga beli-beli lagi sampai sepatunya rusak. Sebenernya ini berlaku juga buat pakaian sih. Apalagi sejak hamil 2017, kayaknya selera berpakaian gw tambah kacau setelah sebelumnya membaik karena setahun tinggal di Bangkok yang mana semua orang di sana standard fashionnya cukup tinggi.

Kenapa hari ini jadi cerita soal sepatu, adalah karena sore ini gw beli sepatu 2 pasang, total belanja 2.5 juta. Cukup murah ini kalau dibanding teman-teman gw yang sekali beli sepatu harganya 3 juta ke atas. Tapi buat gw, standard sepatu itu semahal-mahalnya ya 1.5 juta. Di luar itu mikir lama dan panjang. Awalnya nyari sepatu formal warna hitam, karena gw ga punya sepatu formal, tapi pas lagi nyari, nemu sepatu warna krem yang cukup nyaman dipakai, akhirnya beli juga. He..

Nah perkara sepatu ini erat kaitannya dengan selera fashion. Telat sih tapi baru-baru ini saja gw menyadari, pemilihan sepatu yang ga pas dengan baju yang gw pakai akan membuat tampilan gw secara keseluruhan tambah tidak fashionable. Ini susah banget menurut gw. Soalnya segala sesuatu yang berhubungan dengan estetika dan design, kayaknya taste gw itu jelek banget.

Ngambil foto yang estetik bagus gitu ga bisa-bisa. kalau milih padu padan baju juga kayakny selalu ga pas gitu, jadi kesannya kurang profesional.  Gw terpacu untuk memperbaiki taste gw di fashion karena tuntutan pekerjaan sih. Kalao gw bisa lebih terlihat fashionable dan profesional kayaknya orang lebih gampang percara sama gw gitu. Untuk itu mungkin gw bisa mulai dari sepatu. Kalau sepatunya ini, atasnya yang bagus gimana ya. 

Oh sama satu lagi, untuk terlihat kece badan juga harus di BMI 23an,  gw sekarang masih di 25 heuheu. Jadi ya emang harus ngecilin badan juga ya.

Kadang gw mikir, ini gw kenapa banal banget ya mikirinnya baju, penjampilan, fashion. Ya mungkin karena sekarang situasinya mengharuskan untuk begitu ya. Selain untuk profesionalisme kerjaan, mungkin juga untuk membantu gw mengatasi 'insecurity' gw. Gw ga pernah merasa cantik, selalu ngerasa jelek. Dulu si mikirnya, ya udah biar jelek yang penting pemberani, pintar, ada kntribusi. Tapi ya ternyata insecurity ini ga boleh dihindarin, harus dihadapi. Dari hasil refleksi gw, yang bikin gw insecure karena udahlah ngerasa jelek, ngerasa fashion taste dan art taste juga jelek, dan somehow itu membuat gw merasa jadi 2nd class citizen gitu loh. Hahahaha.

Anyway, dengan terbelinya 2 sepatu resmi coklat dan hitam malam ini, sepertinya portfolio sepatu gw lengkap sudah. Semua sepatu untuk berbagai macam kegiatan sudah tersedia, tinggal pilih mau pakai yang mana. Tapi.. ada 1 sepatu yang gw pingin banget punya.. Sepatu Paranoise-nya G-Dragon. Hahaha.





Tidak ada komentar:

Menulis Itu Penting, Git, Jadi Terus Menulis Ya...

 Postingan pertama di 2024, waktu begulir sangat cepat tiba-tiba sudah masuk penghujung April. Ada banyak yang ingin diceritakan, tapi terla...